Rabu 07 Oktober 2020, 13:57 WIB

Ini Alasan Polda Metro Unggah Konten Soal UU Ciptaker

Rahmatul Fajri | Megapolitan
Ini Alasan Polda Metro Unggah Konten Soal UU Ciptaker

MI/Fransisco Carollio
TMC Polda Metro Jaya

 

AKUN info seputar lalu lintas Polda Metro Jaya, TMC Polda Metro Jaya, turut mengomentari Undang-Undang Cipta Kerja (Ciptaker). TMC Polda Metro mengunggah soal konten hoaks terkait Undang-Undang Ciptaker di akun Instagram.

"Waspada hoaks seputar omnibus law UU Cipta Kerja. Hoaks jaminan sosial dan kesejahteraan lain hilang. Fakta di omnibus law, jaminan sosial tetap ada, bahkan ditambah jaminan sosial bagi pekerja yang baru kehilangan pekerjaan (jaminan kehilangan pekerjaan) ada di Pasal 82-46E," tulis akun Instagram TMC Polda Metro Jaya.

Selain itu, TMC Polda Metro juga meluruskan sejumlah kabar, yakni upah buruh dihitung per jam. TMC Polda Metro menyebut tidak ada ketentuan itu dalam omnibus law. Lalu, mengenai hak cuti hilang, TMC Polda Metro menyebut omnibus law tidak mengubah ketentuan cuti yang sudah ada sebelumnya.

Kemudian, penghapusan Upah Minimum Provinsi (UMP), Upah Minimum Kota (UMK), Upah Minimum Sektoral Provinsi (UMSP) yang disebut TMC Polda Metro upah minimum tetap ada, ditetapkan pemerintah provinsi (pemprov), bahkan jika ada UM kabupaten/kota harus lebih tinggi dari provinsi. Hal itu terdapat dalam Bab IV Pasal 88C.

Baca juga : 18 Anggota DPR Positif Covid-19, Gedung DPR Harus Ditutup

Adanya tayang tersebut, Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus memberikan alasan pihaknya perlu memberi penjelasan agar masyarakat tidak tergiring hoaks yang beredar soal UU Ciptaker.

"Itu menyampaikan apa saja beberapa berita tidak benar yang tersebar di masyarakat perlu diperjelas lagi dengan apa yang dimaksud dari UU itu. Kami mengingatkan masyarakat jangan sampai tergiring dengan berita yg tidak benar," kata Yusri, ketika ditemui di kantornya, Rabu (7/10).

Terpisah, Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo juga tidak menjawab tegas keterkaitan telegram Kapolri dengan unggahan TMC Polda Metro Jaya. Dia mengatakan unggahan untuk memberikan informasi kepada masyarakat.

"Agar tidak termakan oleh berita hoaks yang tidak benar," kata Sambodo. (OL-2)

Baca Juga

ANTARA/Rivan Awal Lingga

Hari Ini, Empat Bioskop CGV di Jakarta Dibuka Lagi

👤Fathurrozak 🕔Rabu 21 Oktober 2020, 11:52 WIB
Pembukaan kembali bioskop CGV di Jakarta dimulai dengan empat lokasi, yaitu, CGV Grand Indonesia, Aeon Mall Jakarta Garden City, Green...
ANTARA FOTO/Reno Esnir

Video Viral Polisi Pukul Polisi, Polri: Itu Hoaks

👤Yakub Pryatama 🕔Rabu 21 Oktober 2020, 10:54 WIB
"Terkait video viral di medsos yang mengatakan PA Brimob menyamar sebagai mahasiswa dan ditangkap oleh polisi lalu kena pukul personel...
ANTARA/Aditya Pradana Putra

Pemprov DKI Siapkan 550 Bengkel Penyelenggara Uji Emisi

👤Kautsar Bobi 🕔Rabu 21 Oktober 2020, 09:36 WIB
Saat ini, baru ada 155 bengkel yang terseber di beberapa daerah di Ibu...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya