Rabu 07 Oktober 2020, 08:41 WIB

Kesehatan Nakes Jadi Prioritas

Atalya Puspa | Humaniora
Kesehatan Nakes Jadi Prioritas

ANTARA FOTO/Septianda Perdana
Petugas medis membawa seorang covid-19 di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) H Adam Malik Medan, Sumatra Utara.

 

KETUA Tim Task Force Sumatra Utara, Alexander Kaliaga Ginting  melakukan kunjungan kerja di beberapa rumah sakit di Sumut, terkait tingginya angka kematian dokter dan tenaga kesehatan di RSUP H Adam Malik Medan. Rumah sakit tersebut merupakan rumah sakit vertikal Kementerian Kesehatan.

"Disadari atau tidak, para dokter dan nakes lebih banyak memperhatikan kesehatan pasien, sehingga terkadang lupa akan kesehatannya sendiri. Untuk itu sebagai pemerintah menganjurkan agar dokter dan nakes yang kontak langsung dengan pasien positif dapat di swab dua minggu sekali," terang dr .Alex saat memberikan arahan di RSUP H. Adam Malik, Medan, Selasa (6/10).

Menurut data, kasus positif pertama meninggal pada  Maret di RSUP Adam Malik adalah tenaga kesehatan. Untuk itu kehadiran dan perhatian pemerintah kepada dokter dan nakes harus ditingkatkan. Selain melaksanakan swab berkala, pemerintah juga harus memberikan asupan makanan tambahan, gizi dan suplemen serta tempat tinggal sementara untuk mereka.

"Tolong siapkan hotel atau ruangan isolasi untuk para tenaga kesehatan, karena mereka terpapar secara langsung. Hal ini juga untuk melindungi keluarga mereka di rumah agar tidak terpapar juga," ungkapnya.

Lebih lanjut, Alex menyampaikan bahwa saat ini tanpa mengurangi ataupun mengecilkan hal yang lain, perhatian kepada nakes juga menjadi prioritas dari pemerintah, karena nakes berada di garda terdepan yang langsung berhadapan dengan covid-19 dan menjaga masyarakat agar tetap sehat.

Hal ini dilakukan agar jangan sampai ada dokter atau nakes yang gugur lagi, untuk itu diharapkan RSUP Adam Malik bisa melaksanakan apa yang disarankan dengan terus menerapkan seluruh protokol-protokol kesehatan yang ada.

"Nakes harus selalu sehat, agar selalu bisa menyehatkan masyarakat" tegas Alex.

baca juga: Kasus di 10 Provinsi Prioritas Turun Signifikan

Selain menyoroti permasalahan gugurnya para nakes, Alex juga menekankan bahwa RSUP Adam Malik merupakan RS vertikal. Dengan kata lain Adam Malik merupakan etalase dari Kementerian Kesehatan RI di wilayah Sumatra Utara. Sekaligus implementasi dari seluruh program kerja pemerintah pusat dalam upaya meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

"RSUP Adam Malik harus bisa menjadi barometer dalam pelayanan, karena saat ini Adam Malik cukup mendapat perhatian yang besar" jelasnya. (OL-3)
 

Baca Juga

ANTARA/ Indriyanto Eko.S

1.542 Relawan Vaksin Covid-19 Telah Dapatkan Suntikan Kedua

👤Atalya Puspa 🕔Kamis 29 Oktober 2020, 11:35 WIB
Masyarakat menunggu uji klinis vaksin covid-19 sukses dan aman digunakan untuk mencegah penyebaran virus korona yang hingga kini masih...
ANTARA/ RAISAN ALFARIZI

Lulusan Vokasi Lemah Soft Skill

👤Atikah Ishmah Winahyu 🕔Kamis 29 Oktober 2020, 11:20 WIB
Dunia kerja dan kesempatan berusaha kini sudah mengalami perubahan besar, yang lebih mengutamakan kemampuan soft skill daripada hard...
Ist

GP Ansor: Dunia Harus Membangun Keseimbangan Baru

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 29 Oktober 2020, 10:23 WIB
Pancasila memuat pengakuan terhadap hak asasi manusia, dan mengedepankan nilai-nilai untuk menjaga dan melindungi hak asasi manusia...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya