Rabu 07 Oktober 2020, 02:35 WIB

Sensasi Collins dan Podoroska

Rifaldi Putra Irianto | Olahraga
Sensasi Collins dan Podoroska

AFP
Petenis putri Amerika Serikat, Danielle Collins

SENSASI petenis nonunggulan di tunggal putri ajang grandslam Prancis Terbuka 2020 berlanjut dengan melajunya Danielle Collins asal AS dan Nadia Podoroska dari Argentina, tadi malam.

Danielle Rose Collins, peringkat 57 dunia, mengubur asa unggulan 30 asal Tunisia Ons Jabeur dengan pertarungan tiga set 6-4, 4-6, 6-4. Kemenangan yang membuat Collins melenggang ke perempat final menantang rekan senegaranya yang menempati unggulan keempat, Sofia Kenin, sore ini.

Langkah lebih gemilang dibukukan Podoroska. Petenis yang menempati peringkat 131 dunia, baru sekali lolos ke babak utama ajang grandslam yakni di AS Terbuka 2016 silam, menyegel tiket semifinal.

Apalagi Podoroska melangkah ke empat besar dengan mengalahkan unggulan ketiga asal Ukraina Elina Svitolina dengan dua set langsung, 6-2, 6-4. Selepas menyisihkan Ons Jabeur, Collins, 26, sempat kesulitan, khususnya ketika kehilangan set kedua. 

“Saya seperti berada di kursi pengemudi, memegang kendali permainan saat kedudukan 3-0 di set kedua. Akan tetapi, kemudian Jabeur secara mengejutkan melakukan servis dengan baik dan melakukan pukulan drop yang tak saya duga,” kata Collins yang prestasi terbaik di ajang grandslam, yakni semifi nalis Australia Terbuka 2019.

“Itu merusak ritme saya, dan saya sedikit terkecoh dengan permainannya dan saya hanya mencoba untuk tetap positif,” imbuh Collins yang di babak sebelumnya menyisihkan unggulan 11 asal Spanyol Garbine Muguruza, pemilih dua trofi grandslam (Prancis Terbuka 2016 dan Wimbledon 2017).

Permainan ketat terjadi di set penentuan, petenis Amerika Serikat itu terlihat lincah pada awal set ketiga, memanfaatkan perlawanan di sekitar net berhasil membuatnya unggul 4-2.

Jabeur yang tertinggal di set ketiga berusaha menipiskan skor, melakukan pukulan keras juga menampilkan permainan agresifnya untuk memperoleh skor imbang 4-4. Akan tetapi, servis Jabeur yang diharapkan dapat membawanya kepada kemenangan justru menghasilkan kesalahan ganda pertamanya dan membawa Collins pada match point.

Pengembalian servis yang tajam dari Collins memaksa Jabeur melakukan kesalahan dan memberikan satu tempat untuk Collins di babak 8 besar Prancis Terbuka.


Bermain konsisten

Sementara itu, Podoroska memastikan tiket empat besar dengan permainan efektif sepanjang dua set pertandingan.

Svitolina mencoba melakukan perlawanan pada awal set kedua, tetapi pengembaliannya terus goyah di bawah tekanan Podoroska yang bermain konsisten. 

“Agak sulit untuk berbicara sekarang setelah pertandingan, bahasa Inggris saya tidak begitu baik. Tetapi, terima kasih atas dukungan semua orang, saya sangatsangat senang,” sebut Podoroska yang meraih prestasi tertinggi ajang grandslam di lapangan tanah liat Roland Garros, Prancis, tahun ini.

“Saya melakukan pekerjaan yang sangat baik dengan pelatih saya selama karantina. Saya pikir itulah mengapa saya berada di sini hari ini,” imbuh Podoroska yang bakal menunggu lawan yakni pemenang antara petenis Polandia Iga Swiatek atau petenis Italia Martina Trevisan. (AFP/WTA/R-2)
 

Baca Juga

AFP

Zverev Bantah Tuduhan Kekerasan Terhadap Mantan Pacar

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 01 November 2020, 00:49 WIB
Petenis Jerman yang menempati posisi kedua turnamen US Open 2020 Alexander Zverev membantah tuduhan tindakan kekerasan terhadap Olga...
AFP/GEORG HOCHMUTH

Djokovic Tak Terpengaruh Kalah di Wina Terbuka

👤Akmal Fauzi 🕔Sabtu 31 Oktober 2020, 17:10 WIB
Djokovic tetap meyakini bisa menyamai rekor Pete Sampras yang enam kali mengakhiri musim sebagai petenis peringkat satu...
MI/Widjajadi

Bulutangkis masih Jadi Andalan Raih Medail Emas

👤Widjajadi 🕔Sabtu 31 Oktober 2020, 08:51 WIB
Nasional Paralympic Committee (NPC) Indonesia targetkan medali emas dari cabang bulutangkis di pesta olahraga Paralympic Tokyo...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya