Selasa 06 Oktober 2020, 21:01 WIB

Penanganan Covid-19 di 10 Provinsi Prioritas Alami Perbaikan

Ferdian Ananda Majni | Humaniora
Penanganan Covid-19 di 10 Provinsi Prioritas Alami Perbaikan

Ilustrasi
Covid-19

 

SEBANYAK provinsi mengalami perubahan ke arah yang lebih baik dalam penanganan kasus covid-19, dimana menurunnya jumlah kasus baru yang terinfeksi dan rendahnya angka kematian dan meningkatnya persentase kesembuhan.

"Perubahan ke arah yang lebih baik dari segi jumlah enam dari 10 provinsi mengalami penurunan yang cukup signifikan yaitu Provinsi Sulawesi Selatan Sumatera Utara DKI Jakarta Jawa Barat Jawa Timur dan Kalimantan Selatan," kata Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito dalam keterangan persnya, Selasa (6/10).

Penurunan kasus Covid-19 mingguan terjadi paling drastis di Sulawesi Selatan, yakni 30,1% dan Jawa Barat 28,5% jika dibandingkan pekan sebelumnya.

Sedangkan kesepuluh provinsi yang menjadi prioritas pemerintah dalam penanganan covid-19 adalah DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Selatan, Sumatra Utara, Papua, Bali, dan Banten.

"Jika dilihat dari jumlah kasus meninggal per pekan ini. 4 dari 10 provinsi mengalami penurunan juga cukup signifkan, yakni DKI Jakarta, Jawa Tengah, Sulawesi Selatan dan Bali. Penurunan pertambahan mingguan jumlah kematian paling signifikan terjadi di DKI Jakarta, yakni sebesar 62,4%," jelasnya.

Sedangkan dari persentase kesembuhan pasien covid-19 di provinsi prioritas, tujuh provinsi memiliki angka persentase kesembuhan di atas 70%. Tingkat kesembuhan tertinggi terjadi di Jawa Timur dengan persentase 88,53%.

"Dari segi zona risiko kabupaten kota dengan zona merah di Jawa Timur dan Sulawesi Selatan pada pekan ini seluruhnya sudah berpindah di zona oranye ini artinya tidak ada lagi zona merah di provinsi Jawa Timur dan Sulawesi Selatan," terangnya.

Baca juga : Kasus Sembuh Harian Covid-19 Bertambah 3.844 Orang

Konidisi itu menegaskan bahwa prestasi yang luar biasa dari dua provinsi ini. Oleh karena itu, provinsi yang masih mengalami kenaikan kasus positif dan kematian mingguan serta prosentase kesembuhan di bawah 70%. Lanjut Prof Wiku, pihaknya meminta untuk terus meningkatkan penanganan Covid-19 di wilayahnya masing-masing dengan meningkatkan jumlah pemeriksaan mingguan.

"Meningkatkan kapasitas dan meningkatkan kualitas pelayanan pada pasien covid-19 kedisiplinan masyarakat dalam menjalankan protokol kesehatan adalah modal kita bersama untuk betul-betul dapat meningkatkan untuk menekan angka penularan. Kita bisa karena sudah ditunjukkan oleh beberapa provinsi dengan prestasi yang sangat meyakinkan," paparnya.

Dia menambahkan perhatian khusus perlu diberikan kepada kabupaten kota penyumbang kasus positif atau kematian tertinggi di masing-masing provinsi diantaranya adalah kota Jakarta pusat, Kota Bekasi Kota Depok, Kota Semarang, Kota Surabaya, Kota Banjarmasin, Kota Makassar, Kota Denpasar, Kota Jayapura, Kota Banda Aceh.

"Mohon kepada para gubernur dan walikota untuk dapat berpartisipasi dan benar-benar menekan angka penularan dan kematian di kabupaten kota tersebut dan selalu berkoordinasi dengan kami di Satgas pusat agar betul-betul terjadi sinergi yang baik," pungkasnya. (OL-2)

 

Baca Juga

ANTARA/Biro Pers/Rusman

Jokowi Sebut Pandemi bukan Penghalang Berkreasi

👤Theofilus Ifan Sucipto 🕔Minggu 01 November 2020, 08:54 WIB
Jokowi menyebut PKN menjadi bukti para budayawan dan pekerja seni di seluruh Tanah Air tidak mau tunduk oleh pandemi...
Sumber: Satgas Penanganan Covid-19/Tim Riset MI-NRC

Tetap Sehat di Tengah Berkah Wisata

👤Ardi Teristi 🕔Minggu 01 November 2020, 05:00 WIB
Pengawasan terhadap pengunjung objek wisata tidak boleh kendur. Wisatawan tetap harus menerapkan...
ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

Jurnalis Ujung Tombak Informasi Vaksinasi

👤Ant/E-2 🕔Minggu 01 November 2020, 04:50 WIB
KOMITE Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) berpendapat jurnalis dan media sangat berperan dalam menyebarkan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya