Selasa 06 Oktober 2020, 19:54 WIB

Keramaian, Wajib Kantongi Surat Rekomendasi Tim Gustu Covid-19

mediaindonesia.com | Nusantara
Keramaian, Wajib Kantongi Surat Rekomendasi Tim Gustu Covid-19

Tim Media Center Covid 19 Kab Jayapura.
Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Jayapura, Khairul Lie.

 

Pemerintah Kabupaten Jayapura melalui Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 (Gustu Covid-19) Kabupaten Jayapura, telah menerapkan aturan baru. Aturan ini terkait kegiatan masyarakat yang berpotensi dalam mengumpulkan banyak orang di tengah pandemi Covid-19.

"Di tengah wabah Covid-19 segala aktifitas masyarakat dibatasi. Khusus Kabupaten Jayapura, siapa saja yang melaksanakan kegiatan keramaian baik perorangan maupun organisasi juga masyarakat, wajib mengantongi surat izin dari Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Jayapura," ungkap juru bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Jayapura, Khairul Lie, Senin (5/10/2020).

Terkait rekomendasi atau izin dari Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Jayapura, pada dasarnya supaya memastikan setiap masyarakat yang hendak melaksanakan kegiatan itu wajib menerapkan protokol kesehatan sebagaimana yang sudah di ditetapkan oleh pemerintah untuk memerangi pandemi Covid-19.

Baca Juga: Kasus Covid-19 di Jayapura Meningkat Warga Diminta Waspada

"Harus dipastikan tidak bergerombol. Lalu ada protokol kesehatan di situ. Jadi kalau dia melanggar ketentuan itu, berarti acara pertemuannya bisa dibubarkan. Jadi harus dapat rekomendasi dari tim Gugus Tugas Covid-19 yang ada di Kantor Bupati. Apabila sudah mendapat surat rekomendasi yang dimaksud, maka selanjutnya harus membuat izin keramaian di Kepolisian," tegasnya.

Dia menambahkan, dengan surat izin tersebut, masyarakat yang melakukan kegiatan wajib membatasi jumlah masyarakat yang datang mengikuti kegiatan. Kemudian menyiapkan fasilitas untuk mencuci tangan termasuk mengatur jarak duduk antara warga yang akan mengikuti kegiatan tersebut.

"Itu sudah ada ketentuan, biasanya 50 orang. Tergantung ruangan yang digunakan itu ruangannya yang mana. Jadi ruangan itu ada standarnya. Seperti di hotel itu kan ada standarnya dan jaga jarak atau tidak berkerumun. Kan kalau rapat kerja, jadi  mereka harus atur jarak dan meja atau kursi harus di tata lagi agar jaga jarak," tambahnya. (RO/OL-10)

Baca Juga

MI/Vicky Gustiawan

Pegawai Positif Korona, Dindukcapil Temanggung Tunda Layanan

👤Toshi Wicaksono 🕔Kamis 22 Oktober 2020, 16:25 WIB
Layanan tatap muka di Dindukcapil hanya dibatasi 30 antrean per hari untuk menghindari...
MI/ARDI TERISTI

Sri Sultan Minta Warga Waspadai Dampak Angin Kencang

👤Ardi Teristi 🕔Kamis 22 Oktober 2020, 16:05 WIB
Kerawanan bencana akibat angin kencang berpotensi terjadi di...
ANTARA/Muhammad Iqbal

Ribuan Masker Sehat Produksi UMKM Disumbangkan untuk Warga Pantai

👤Sol Mi 🕔Kamis 22 Oktober 2020, 15:36 WIB
Setiap masker yang diserahkan pelaku UMKM dikompensasi sebesar...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya