Selasa 06 Oktober 2020, 19:01 WIB

Baku Tembak di Pasuruan, Satu Tersangka Tewas Tiga Polisi Luka

Heri Susetyo | Nusantara
Baku Tembak di Pasuruan, Satu Tersangka Tewas Tiga Polisi Luka

DOK MI
Ilustrasi

 

TIM Subdit III Jatanras Polda Jatim bersama Tim Resmob Polres Pasuruan Kota berhasil menangkap tersangka pelaku pencurian dengan pemberatan (curat), Senin malam (5/10). Pelaku tewas setelah terliBat baku tembak dengan petugas.

Tersangka yang tewas bernama Sues, warga Dusun Sumbersuko Desa, Plososari Kecamatan Grati, Pasuruan. Tersangka selama ini sudah masuk dalam daftar pencarian orang (DPO) atas sejumlah aksi kejahatan yang dilakukan.

Penangkapan tersangka bermula saat petugas mendapatkan informasi Sues sedang berada di rumah salah satu warga yang sedang hajatan. Tim yang sudah berada di Polsek Grati kemudian bergerak memburu pelaku. Saat di Jalan Desa Jeladri, Kecamatan Lumbang, tim berpapasan dengan Sues mengendarai motor bersama seseorang tak dikenal.

Tak mau kehilangan jejak tersangka, petugas langsung memutar arah dan mengejar tersangka. Menyadari dirinya dikejar petugas, pelaku berusaha mempercepat laju motornya.

Saat akan masuk ke sebuah gang kecil, salah satu anggota tim, Bripda Moch Benny menarik sarung tersangka hingga terjatuh. Bukannya menyerah setelah terjatuh, tersangka justru mengeluarkan senjata jenis revolver rakitan dengan amunisi 5.56 mm dan menembak polisi yang berusaha menangkapnya.

Sempat terjadi baku tembak dengan aparat, sebelum pelaku kemudian tersungkur tertembus peluru. Sedangkan dari polisi, Bripka Hariz Farizy mengalami luka percikan api senjata api pelaku di tangan kiri, Bripka Sutiyono mengalami luka tembak di perut bawah sebelah kiri. Selain itu Bripda M Beny, anggota Subdit Jatanras Polda Jatim mengalami luka tembak di bagian perut tengah.

Kabid Humas Polda Jatim Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko, Selasa (6/10) mengatakan tersangka sudah kerap kali melakukan tindak kriminalitas. Tersangka merupakan residivis curas sapi di Polres Lumajang dan residivis Polres Pasuruan karena membacok warga.

Pelaku juga melakukan perampasan sepeda motor di Gempol Pasuruan, melempar bondet anggota Brimob di Watu Kosek dan terakhir menjadi DPO Polda Jatim terkait kasus curanmor kendaraan roda empat.

Dari tangan tersangka, polisi menyita barang bukti diantaranya senjata api rakitan jenis revolver beserta uluhan butir peluru, satu bilah pedang serta satu unit sepeda motor Honda CBR.

Saat ini jenazah tersangka dievakuasi ke Rumah Sakit Grati. Sementara tiga anggota yang mengalami luka dilarikan ke Rumah Sakit Bhayangkara Polri untuk dioperasi. (R-1)

Baca Juga

MI/Rudi Kurniawansyah

Di Tengah Pandemi, Petani Kuantan Singingi Panen Raya Padi

👤Rudi Kurniawansyah 🕔Rabu 21 Oktober 2020, 12:04 WIB
Panen raya dilaksanakan pada lokasi PMI Gunung Toar, di atas hamparan sawah seluas 136...
MI/Heri Susetyo

Menunggu Sedekah Bumi, Petani Belum Mulai Masa Tanam

👤Nurul Hidayah 🕔Rabu 21 Oktober 2020, 11:54 WIB
Petani di Kabupaten Indramayu belum juga melakukan musim tanam karena mereka masih menunggu upacara adat sedekah...
MI/Kristiadi

BRI Bantah Buka Layanan Nomor Antrean BLT UMKM Sejak Dinihari

👤Kristiadi 🕔Rabu 21 Oktober 2020, 11:27 WIB
Kepala Pimpinan Cabang BRI Tasikmalaya, Aidil Adhisaputra menjelaskan bahwa pihaknya tidak pernah menyampaikan pengumuman bahwa pembukaan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya