Selasa 06 Oktober 2020, 17:35 WIB

Kemendikbud Berperan Edukasi Masyarakat Hadapi Pandemi Covid-19

Syarief Oebaidillah | Humaniora
Kemendikbud Berperan Edukasi Masyarakat Hadapi Pandemi Covid-19

Ist
Seorang siswa sedang belajar bahasa Inggris secara online diakses secara gratis.

 

KEMENTERIAN Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melakukan sejumlah langkah dan turut berkontribusi dalam mengedukasi masyarakat guna mencegah penyebaran pandemi covid-19.

"Peran Kemendikbud, pertama dalam mengedukasi masyarakat terkait pencegahan penyebaran Covid-19 dilakukan dengan antara lain Kemendikbud telah menetapkan Surat Keputusan Bersama atau SKB 4 Menteri yakni Mendikbud, Menag, Mendagri dan Menkes tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran pada Tahun Ajaran dan Tahun Akademik 2020/2021 pada Masa Pandemi Covid-19, " papar Kepala Biro Kerjasam dan Hubungan Masyarakat (BKHM) Kemendikbud Evy Mulyani menjawab Media Indonesia, Selasa (6/10).

Baca juga : Inkonsisten, Pasal Komersialisasi Pendidikan ada di Omnibus Law

Evy melanjutkam Kemendikbud juga menetapkan dan menerbitkan Surat Sekretaris Jenderal tentang Pelaksanaan Edukasi 3M (memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan dengan sabun atau handsanitizer).

Kedua, Kemendikbud konsisten melaksanakan sosialisasi kepada publik dan seluruh warga satuan pendidikan dengan berbagai produk komunikasi berupa infografik, videografik melalui diseminasi di berbagai kanal media sosial, media elektronik, dan webinar.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) bersama Menteri Dalam Negeri (Mendagri) melakukan rapat koordinasi dengan seluruh kepala daerah untuk memastikan kebijakan pembelajaran di masa Pandemi Covid-19 terlaksana dengan baik di daerah.

"Kemendikbud terus memastikan tidak terjadinya klaster baru Covid-19 di lingkungan pendidikan. Upaya tersebut dilakukan dengan mendukung kampanye Satuan Tugas atau Satgas Penanganan Covid-19 Bidang Sosialisasi edukasi Perubahan Perilaku di masa new normal atau kebiasaan baru kepada guru, mahasiswa, dosen, siswa, orang tua, dan masyarakat, dengan penekan kepada 3M melalui media sosial dan media elektronik dan webinar, " ungkap Evy.

Pihaknya juga melakukan diseminasi kepada komunitas,lembaga ,organisasi pendidikan dan kebudayaan untuk turut serta dalam mensosialisasikan SKB 4 Menteri dan perubahan perilaku 3M di era pandemi.

Selain itu memberikan apresiasi atau omba praktik kebiasaan baru yang diikuti oleh warga pendidikan untuk berbagi inspirasi kebiasaan baik di masa pandemi

Evy melanjutkan Kemendikbud mengimbau seluruh kepala dinas pendidikan provinsi/kabupaten/kota agar menugaskan seluruh kepala satuan pendidikan dan guru untuk senantiasa menyampaikan pesan singkat edukasi 3M dan atau menayangkan video edukasi 3M durasi “1-2 menit” setiap memulai proses pembelajaran yang sudah melaksanakan pembelajaran tatap muka di satuan pendidikan (PTM) maupun yang masih melaksanakan pembelajaran jarak jauh (PJJ)

Hemat dia berdasarkan monitoring dan evaluasi ( monev) yang dilaksanakan secara intensif serta koordinasi dengan dinas pendidikan dan seluruh unit terkait, kepatuhan protokol kesehatan sudah baik dilaksanakan pada satuan pendidikan. Dengan penerbitan SKB Empat Menteri, sosialisasi dan diseminasi atas SKB tersebut, koordinasi, dan monitoring evaluasi yang berkelanjutan, kepatuhan protokol kesehatan di lingkungan pendidikan berjalan baik dan disiplin.

" Hingga saat ini ditandai dengan tidak munculnya penularan covid-19 pada klaster satuan pendidikan, " pungkas Evy.(OL-6)

Baca Juga

Antara

Jokowi Minta Harga Vaksin Mandiri Terjangkau

👤Insi Nantika Jelita 🕔Senin 26 Oktober 2020, 19:54 WIB
Pemerintah berupaya bergerak cepat untuk melakukan penanganan pandemi Covid-19 dengan pengadaan...
DOK UGM

GeNose C19 Masuk Tahap Uji Diagnostik

👤Agus Utantoro 🕔Senin 26 Oktober 2020, 19:29 WIB
Usai menjalani uji diagnostik, GeNose C19 akan masuk tahap produksi yang dijadwalkan pada akhir...
Dok MI

Bapeten Gandeng UI Gelar Seminar Keamanan dan Keselamatan Nuklir

👤Abdillah M Marzuqi 🕔Senin 26 Oktober 2020, 18:10 WIB
Pemanfaatan tenaga nuklir harus memenuhi tingkat keselamatan dan keamanan serta sefeguard sesuai dengan ketentuan dan persyaratan yang...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya