Selasa 06 Oktober 2020, 17:19 WIB

KPU : Tanpa KTP-El tidak Bisa Memilih saat Pilkada

Indriyani Astuti | Politik dan Hukum
KPU : Tanpa KTP-El tidak Bisa Memilih saat Pilkada

MI/Fransisco Carollio
Ilustrasi

 

PELAKSANA Harian Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Ilham Saputra menyampaikan salah satu persyaratan penduduk bisa memberikan hak pilihnya saat pemilihan kepala daerah (pilkada) 9 Desember 2020 ialah mempunyai Kartu Tanda Penduduk elektronik KTP-El.

"Salah satu syarat bisa memilih, pemilih harus punya KTP-El. Apabila yang bersangkutan belum merekam data kependudukan, tentu saja tidak bisa," ujar Ilham dalam rapat koordinasi kependudukan dan catatan sipil yang digelar Kementerian Dalam Negeri bersama KPU di Jakarta, Rabu (6/10).

Ilham lebih lanjut menjelaskan bahwa dalam Undang-Undang No. 10/2016 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati, dan Walikota diamanatkan bahwa surat keterangan sebagai pengganti KTP hanya berlaku sampai Desember 2018. KPU, ujar Ilham, berharap penduduk yang berusia 17 tahun pada Desember 2020 dan sudah masuk dalam daftar pemilih bisa mempunyai KTP-El.

Baca juga : Mendagri Minta Pemilih Pemula Sudah Punya KTP-el

Berdasarkan data yang diserahkan Kementerian Dalam Negeri pada KPU 18 Juli 2020, terdapat penambahan jumlah pemilih pemula  2020sejumlah 456.256 orang. Mereka yang nanti pada  9 Desember 2020 sudah berusia 17 tahun. Sedangkan untuk Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilihan (DP4),  total pemilih yang KPU dapatkan dari Kemendagri sebanyak 105.396.460 jiwa dengan persentase laki-laki dan 50,08%, dan  perempuan 49,92%.

Sementara itu, Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dirjen Dukcapil) Kemendagri, Zudan Arif Fakrulloh berkomitmen  mendukung suksesnya Pilkada serentak di 309 Kabupaten/Kota yang di dalamnya meliputi 9 pemilihan gubernur. Ia mengatakan Ditjen Dukcapil akan melakukan integrasi integrasi data kependudukan hasil Sensus Penduduk 2020 dengan data hasil  survei serta pencocokan dan penelitian (coklit) yang dilakukan KPU. 

"Coklit sudah selesai pada 30 September 2020 dan akan kita integrasikan dengan database milik Dukcapil Kemendagri," tukasnya. (OL-2)

 

Baca Juga

Antara

Jokowi Sampaikan Penghormatan Tinggi kepada Para Dokter

👤Dhika Kusuma Winata 🕔Sabtu 24 Oktober 2020, 13:33 WIB
Para dokter selalu hadir dalam setiap perjuangan mulai dari kebangkitan nasional, persiapan kemerdekaan, pembangunan, sampai hari ini yang...
MI/Marcel Kelen

Pakar Sebut Pengungkapan Kasus di Intan Jaya Pasti Terbuka

👤Cahya Mulyana 🕔Sabtu 24 Oktober 2020, 12:34 WIB
Andaikan ada oknum militer, otoritas tetap ada pada peradilan militer, bukan peradilan umum. Peradilan militer juga bersifat terbuka, jadi...
Ist

Dewan Pakar NasDemĀ Rampungkan 6 Sesi Bahas UU Cipta Kerja

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 24 Oktober 2020, 09:48 WIB
Indonesia harus memulai dari sekarang berbagai riset dan inovasi teknologi berkaitan dengan bidang-bidang strategis yang selama ini belum...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya