Selasa 06 Oktober 2020, 17:15 WIB

Kerap Dirazia Kini Warga Brebes Mulai Disiplin Gunakan Masker

Supardji Rasban | Nusantara
Kerap Dirazia Kini Warga Brebes Mulai Disiplin Gunakan Masker

MI/Supardji Rasban
Warga tengah dihukum push up karena kedapatan tidak menggunakan masker saat keluar rumah di Brebes, Jateng.

 

GENCARNYA razia pemakain masker di berbagai tempat di Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, dalam sebulan terakhir membuat warga kapok dihukum. Hukumannya dari menyanyi lagu kebangsaan, menyapu, push up hingga denda.  Alhasil, warga yang keluar rumah selalu meggunakan masker.

Razia pemakain masker tersebut seperti yang dilakukan petugas gabungan dari Polisi, TNI, dan Linmas serta ormas kepemudaan yang dilakukan di Desa Grinting, Kecamatan Bulakamba, Selasa (6/10).

Dalam operasi pemakaian masker tersebut, hanya dua pengendara sepeda motor yang terjaring tidak mengenakan masker. Selebihnya ratusan kendaraan yang melintas sudah sadar diri menggunakan masker.

Camat Bulakamba yang sekaligus Ketua Gugus Tugas Penanganan Pencegahan Covid-19 Kecamatan Bulakamba, Sugeng Basuki menjelaskan dari hasil razia masker di wilayahnya terlihat kesadaran masyarakat mengenakan masker semakin tinggi.

"Ini menandakan masyarakat sangat berharap banyak jika penyebaran virus Covid-19 bisa semakin ditekan," ujar Sugeng.

Anggota Pansus Covid-19 DPRD Brebes, Wamadiharjo yang turun langsung saat razia masker digelar, menuturkan jika gencarnya razia masker dan sosialisasi sangat berperan menjadikan masyarakat kini mengenakan masker.

"Tetapi yang lebih penting kesadaran memakai masker itu datang dari masyarakat sendiri, tanpai harus ada razia," ujar Wasmad.

Wasmad meminta Pemerintah Kabupaten Brebes segera membuat Peraturan daerah tentang protokol kesehatan. "Agar warga yang terkonfirmasi Covid-19 di Kabupaten Brebes bisa berkurang. (OL-13)

Baca Juga

DOK MI

Warga Kota Sukabumi Diimbau tidak Bepergian saat Libur Panjang

👤Benny Bastiandy 🕔Kamis 29 Oktober 2020, 00:45 WIB
Peningkatan kasus baru di Kota Sukabumi akhir ini terjadi pada klaster keluarga. Kondisi itu juga lantaran tak sedikit dipicu perjalanan ke...
DOK MI

Pemkab Subang akan Lakukan Tes Covid-19 kepada Pengunjung Sariater

👤Reza Sunarya 🕔Kamis 29 Oktober 2020, 00:10 WIB
Satgas covid-19 Subang akan melakukan rapid tes dan swab tes secara acak kepada para wisatawan yang berkunjung ke objek...
DOK MI

Polisi Usut Penyelundupan Sabu ke Lapas Kuala Tungkal

👤Solmi 🕔Rabu 28 Oktober 2020, 23:30 WIB
Kasus penyelundupan sabu ke dalam lapas terungkap berkat kejelian petugas Lapas saat memeriksa titipan makanan pempek jenis kapal selam...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya