Selasa 06 Oktober 2020, 15:10 WIB

WHO: 10% Populasi Global Sudah Terinfeksi Covid-19

Faustinus Nua | Internasional
WHO: 10% Populasi Global Sudah Terinfeksi Covid-19

AFP/Sajjad Hussain
Pengendara melintasi mural terkait covid-19 di New Delhi, India.

 

ORGANISASI Kesehatan Dunia (WHO) memperkirakan ratusan juta orang telah terinfeksi covid-19. Lebih besar dari data resmi yang dirilis sejauh ini, yakni sekitar 35 juta orang.

“Saat ini, kami memperkirakan populasi global yang sudah terinfeksi covid-19 sekitar 10%,” ucap Kepala Operasi Darurat WHO Mike Ryan, Senin (5/10) waktu setempat.

“Ini bervariasi tergantung negaranya, perkotaan maupun pedesaan. Juga bervariasi di antara kelompok yang berbeda. Artinya, Sebagian besar dunia berisiko terinfeksi,” imbuhnya.

Baca juga: WHO: Kasus Kematian Akibat Covid-19 Bisa Tembus 2 Juta

Lebih lanjut, dia mengatakan terjadi lonjakan kasus covid-19 dan kasus kematian di wilayah Eropa dan Asia Tenggara. Sementara itu, kondisi di Afrika dan Pasifik Barat cenderung lebih baik.

Menurutnya, pandemi covid-19 masih akan berlangsung. Namun, pihaknya optimistis terhadap upaya sejumlah negara yang mencari vaksin covid-19.

“Masa depan tergantung pada pilihan yang kita buat. Bagaimana menggunakan peralatan, mengembangkan vaksin, hingga mendistribusikan ke yang lain,” pungkas Ryan.

Baca juga: Sapa Pendukung Saat Idap Covid-19, Trump Dikritik

Berdasarkan perhitungan Universitas Johns Hopkins, jumlah kasus terkonfimasi covid-19 sejauh ini mencapai 35,2 juta orang. Adapun kasus kematian akibat covid-19 tercatat lebih dari 1 juta orang. Pasien covid-19 yang dinyatakan sembuh mencapai 24,5 juta orang.

WHO dan sejumlah ahli kesehatan meyakini covid-19 berasal dari hewan. Virus tersebut pertama kali muncul dari pasar hewan di Kota Wuhan, Tiongkok. Sejauh ini, WHO telah mengirimkan utusan untuk menyelidiki asal-usul virus di Negeri Tirai Bambu.(AlJazeera/OL-11)

Baca Juga

AFP/NOAH SEELAM

Bergerak Aktif Hasilkan Resolusi Covid-19

👤Faustinus Nua 🕔Selasa 20 Oktober 2020, 04:45 WIB
Sebagai anggota tidak tetap DK PBB periode 2019-2020, Indonesia secara aktif turut menjaga perdamaian dan keamanan internasional, terutama...
AFP/Vincenzo Pinto

Wanita Inggris Tuduh Menteri UEA Lakukan Pelecehan

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Senin 19 Oktober 2020, 17:41 WIB
Menurut surat kabar The Sunday Times yang dilansir AFP, Senin (19/10), Menteri Toleransi UEA Sheikh Nahyan bin Mubarak Al Nahyan, 69,...
AFP/Mazen Mahdi

Teken Kesepakatan, Pejabat Israel Terbang Langsung ke Bahrain

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Senin 19 Oktober 2020, 17:10 WIB
Delegasi Israel dipimpin Ketua Dewan Keamanan Nasional Meir Ben Shabbat melakukan perjalanan ke Manama dari Tel Aviv dalam penerbangan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya