Selasa 06 Oktober 2020, 14:22 WIB

Pemkot Jakbar Bangun Embung untuk Atisipasi Banjir

Deden Muhamad Rojani | Megapolitan
Pemkot Jakbar Bangun Embung untuk Atisipasi Banjir

MI/FRANSISCO CAROLIO HUTAMA GANI.
Banjir di Kampung Duri Semanan, Kalideres, Jakarta Barat.

 

PEMERINTAH Kota Jakarta Barat melalui Suku Dinas Sumber Daya Air (Sudin SDA) membangun cekungan penampung air (embung) di Kelurahan Tegal Alur dan Semanan, Selasa (6/10).

Kasudin SDA Jakarta Barat, Purwanti Suryandari mengatakan, kedua embung dengan kedalaman tiga meter itu, bertujuan untuk mengatur dan menampung suplai aliran air hujan serta luapan kali Semongol atau pasang surut air laut.

“Pembangunan kedua embung ini untuk mengatasi genangan dan banjir di kawasan tersebut,” ujarnya, Selasa (6/10) saat dikonfirmasi.

Menurut Purwanti, lahan yang digunakan untuk pembangunan embung merupakan milik Dinas Pertamanan dan Hutan Kota DKI Jakarta.

Dia menjelaskan, embung di Tegal Alur dibangun di atas lahan seluas 4.000 meter persegi dengan luas cekungan 2.500 meter persegi di belakang Rusun Lokbin Tegal Alur.

Sedangkan di Semanan, embung dibangun di atas lahan seluas 5.000 meter persegi dengan luas cekungan 3.000 meter persegi di Kampung Bulak RT 010/01 Semanan, tepatnya di belakang Rusun Pesakih, embung di lokasi ini untuk mengalirkan air ke Kali Mookevart.

Ia menjelaskan, untuk membangun embung, pihaknya mengerahkan satu alat berat jenis eksavator di Semanan dan satu alat berat di Tegal Alur.

“Pembangunan kedua embung ini ditargetkan akan rampung pada akhir Desember," tandasnya. (OL-4)

Baca Juga

MI/M Irfan

Sudin Perhubungan Jaktim Pantau Arus Kendaraan di TMII

👤Deden Muhamad Rojani 🕔Jumat 30 Oktober 2020, 15:17 WIB
Selama libur panjang dan akhir pekan, sebanyak 150 personel Suku Dinas Perhubungan (Sudinhub) Jakarta Timur dikerahkan untuk mengatur arus...
dok.mi

Pengumuman CPNS DKI 2019 Sudah Ada di Website BKD

👤Hilda Julaika 🕔Jumat 30 Oktober 2020, 15:05 WIB
KEPALA Badan Kepegawaian Daerah (BKD) DKI Jakarta Chaidir memastikan pengumuman CPNS 2019 DKI sudah keluar hari ini, Jumat...
Antara/Hafidz Mubarak

Polisi Minta Maaf Jika Ada Hati Warga yang Tersakiti

👤Rahmatul Fajri 🕔Jumat 30 Oktober 2020, 14:57 WIB
Permohonan maaf itu disampaikan Direktur Lalu Lintas PMJ Kombes Sambodo Purnomo Yogo, saat membagikan masker dan nasi bungkus di wilayah...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya