Selasa 06 Oktober 2020, 05:30 WIB

Dokter Trump Sebut Presiden Belum Sepenuhnya Pulih

Faustinus Nua | Internasional
Dokter Trump Sebut Presiden Belum Sepenuhnya Pulih

AFP/SAUL LOEB
Tim medis yang menangani Presiden Donald Trump di RS Walter Reed. Komodor AL Sean Conley (tengah baris depan).

 

TIM medis Presiden AS Donald Trump  mengatakan presiden mungkin belum dalam keadaan pulih sepenuhnya, setelah kurang dari satu jam Trump men-tweet bahwa dirinya akan kembali ke Gedung Putih. Dokter yang menangani Trump di RS Militer Nasional Walter Reed, Komodor AL Sean Conley dalam briefing Senin (6/10) sore mengungkapkan optimisme terhadap kondisi Trump. Presiden bisa berakivitas normal setelah tidak ada lagi virus di dalam tubuhnya.

Namun saat ini Trump masih menjalani pengobatan disebut pengobatan tidak biasa dan tim dokter pun belum memetakan pola perawatan yang sesuai. 

"(Trump) belum sepenuhnya keluar dari masalah. Kami setuju untuk dievaluasi semuanya. Dan yang penting status klinisnya untuk mendukung kepulangan presiden tetap aman. Ia nanti akan dikelilingi oleh perawatan medis kelas dunia," terang Conley.

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit, mereka yang memiliki gejala Covid-19 ringan hingga sedang dapat menular ke banyak orang dan harus diisolasi selama 14 hari. Sebelumnya Presiden Trump mencuit di Twitter memberitahukan ia akan segera meninggalkan RS Walter Reed, Senin (5/10) waktu setempat.

"Saya akan meninggalkan Pusat Medis Walter Reed hari ini pada pukul 6:30 pm. Saya merasa sangat baik! Jangan takut dengan Covid. Jangan biarkan hal itu mendominasi hidup Anda. Kami telah mengembangkan, di bawah Pemerintahan Trump, beberapa obat dan pengetahuan yang sangat hebat. Saya merasa lebih baik daripada 20 tahun lalu !"

baca juga: Kampanye Biden Fokus pada Tema Covid-19

Pemulangan Trump dapat menimbulkan pertanyaan baru tentang bagaimana pemerintah akan melindungi pejabat lain dari penyakit itu. Ada juga pertanyaan yang masih melekat tentang potensi efek jangka panjang bagi presiden dan bahkan ketika dia pertama kali terkena virus.(France24/OL-3)

Baca Juga

AFP/PATRICIA DE MELO MOREIRA

Portugal Umumkan Lockdown Baru

👤Basuki Eka Purnama 🕔Minggu 01 November 2020, 08:35 WIB
Portugal, Jumat (30/10), mencatatkan 656 kasus covid-19 baru dan 40 kematian dengan hampir 2 ribu orang dirawat di rumah...
AFP/Alberto PIZZOLI

Polisi dan Demonstran Anti-lockdown Bentrok di Roma

👤Basuki Eka Purnama 🕔Minggu 01 November 2020, 08:04 WIB
Demonstran turun ke jalan selama sepekan terakhir di sejumlah kota di Italia, termasuk Roma, Naples, dan Turin, memprotes kebijakan...
AFP/Alberto Pezzali

Johnson Umumkan Lockdown Baru di Inggris

👤Basuki Eka Purnama 🕔Minggu 01 November 2020, 07:16 WIB
Kebijakan lockdown itu diambil Johnson setelah Inggris melewati angka 1 juta kasus covid-19 selama pandemi, ketika mengumumkan hampir 22...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya