Selasa 06 Oktober 2020, 05:21 WIB

DKI dan Bodetabek Harus Kompak Soal Kebijakan

Hld/J-1 | Megapolitan
DKI dan Bodetabek Harus Kompak Soal Kebijakan

Dok Medcom
Ilustrasi -- Wajib menggunakan masker saat berkendara untuk meminimalisasi penularan Covid-19.

 

WAKIL Ketua DPRD DKI Jakarta Abdurrahman Suhaimi menilai antara DKI Jakarta dan wilayah penyangga, yakni Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Bodetabek), harus ada kesepakatan kebijakan penanggulangan covid-19 yang efektif.

“Untuk penanganan ini urgen. Langkah-langkahnya harus jelas dan konkret. Sudah sewajarnya kalau terkait Ibu Kota, di antara daerah penyangga ada kesepakatan bersama untuk menjaga,” ujarnya di Jakarta, kemarin.

Apalagi, lanjutnya, akses dari dan ke Jakarta sudah terbuka luas. Ditambah kecepatan transportasi dan fasilitas membuat mobilisasi orang menjadi lebih mudah.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan tengah membicarakan usulan Ridwan Kamil terkait adanya gugus tugas Jabodetabek.

Namun, anggota DPRD DKI dari Fraksi PDIP Gilbert Simanjuntak menilai usulan pembentukan gugus tugas Jabodetabek tidak terlalu diperlukan.

Menurutnya, yang paling dibutuhkan saat ini ialah komitmen tiap kepala daerah. Gilbert menilai Pemprov DKI justru yang harus melakukan pembenahan dan evaluasi kebijakan.

Ia menilai para pemimpin daerah di wilayah penyangga memiliki keseriusan yang tinggi dalam menekan covid-19. “Mereka (Bodetabek) mau kerja sama dengan DKI. Soal kasus di wilayah mereka, bisa mereka redam, dan lebih banyak kesannya imbas dari DKI,” ujarnya.

Menurut dia, salah satu evaluasi dari DKI ialah pengawasan karena pengetatan pengawasan dan penindakan adalah harga mati untuk menekan covid-19. (Hld/J-1)

Baca Juga

Antara

Pemprov DKI akan Tertibkan Bangunan di Bantaran Kali

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Kamis 22 Oktober 2020, 17:21 WIB
Sebabnya, belajar dari longsor yang terjadi di Ciganjur, Jagakarsa, Jakarta Selatan pada 10 Oktober, ia melihat ada ketidakpatuhan...
MI/RAMDANI

Antisipasi Klaster Libur Panjang, Wagub Minta Warga Tetap di Rumah

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Kamis 22 Oktober 2020, 16:40 WIB
Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria atau yang akrab disapa Ariza mengungkapkan Pemprov DKI dan pemerintah pusat sudah bersinergi...
ANTARA/Dhemas Reviyanto

Pemprov DKI Jakarta Gunakan Dana PEN untuk Atasi Banjir

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Kamis 22 Oktober 2020, 16:40 WIB
Tahun ini wilayah kali yang diprioritaskan untuk dinormalisasi, yakni Kali Pesanggrahan, Kali Ciliwung, Kali Angke, dan Kali...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya