Senin 05 Oktober 2020, 17:08 WIB

DKI Gandeng 1.379 Sekolah Cegah Kekerasan Anak

Deden Muhamad Rojani | Megapolitan
DKI Gandeng 1.379 Sekolah Cegah Kekerasan Anak

Ilustrasi
Kekerasan anak

 

PEMERINTAH Provinsi DKI Jakarta melalui Dinas Pemberdayaan, Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk (PPAPP) DKI Jakarta melakukan sosialisasi kepada 1.007 sekolah umum dan 372 madrasah terkait pencegahan kekerasan terhadap perempuan dan anak.

Kepala Dinas PPAPP DKI Jakarta, Tuty Kusumawati mengatakan, upaya tersebut bertujuan untuk meminimalisasi kekerasan terhadap perempuan dan anak sebagai dampak adanya pandemi Covid-19.

Tuty menjelaskan, sosialisasi tersebut mencakup, penyebarluasan informasi dan materi seputar jenis tindakan kekerasan anak di lingkungan sekolah. Selain itu, peserta didik juga diajak berdiskusi melalui media Whatsapp ataupun surat elektronik untuk mencegah tindak kekerasan terhadap anak di sekolah.

Baca juga : Cabuli Anak, Oknum Penjual Bakso Ditangkap

Dia mengatakan, Dinas PPAPP dan Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi DKI Jakarta telah melakukan sosialisasi dengan melibatkan 1.007 sekolah umum dan 372 madrasah di Jakarta periode Juli sampai dengan September 2020.

"Diharapkan siswa tidak hanya mengerti jenis tindak kekerasan yang ada, tapi juga dapat mencegah dan melaporkan apabila melihat atau bahkan mengalami kekerasan terhadap pihak sekolah," ujar Tuty, Senin (5/10).

Sosialisasi juga dilakukan secara daring kepada masyarakat umum yang ditayangkan melalui aplikasi Zoom, dan ditayangkan secara langsung di kanal Youtube dan Facebook Dinas PPAPP DKI Jakarta, dengan jumlah penonton sebanyak 12.197 orang.

"Gencarnya sosialisasi anti kekerasan secara daring ini, diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat khususnya di DKI Jakarta untuk ikut bertindak nyata dalam mencegah dan melaporkan tindak kekerasan terhadap perempuan dan anak yang terjadi di sekitarnya," tandas Tuty. (OL-2)

 

Baca Juga

MI/Fransisco Carolio Hutama Gani

Polisi Cek CCTV Cari Pelaku Begal Perwira Marinir saat Bersepeda

👤Rahmatul Fajri 🕔Kamis 29 Oktober 2020, 00:28 WIB
"Kita identifikasi diduga ada 2 motor dari CCTV, tapi masih kita dalami dari dua motor itu, karena arahnya sama," kata...
Antara

Pemprov DKI Klaim Siap Antisipasi Banjir

👤Anis Putri Yuliani 🕔Rabu 28 Oktober 2020, 22:50 WIB
"Prinsipnya Pemprov DKI Jakarta akan terus mengupayakan, memastikan tidak ada warga yang terdampak genangan lagi," pungkas...
dok rsdc wisma atlet

Sumpah Pemuda Lecut Semangat Tenaga Medis RSDC Wisma Atlet

👤RO/Micom 🕔Rabu 28 Oktober 2020, 21:46 WIB
Ada dua ribu tenaga kesehatan dengan latar belakang institusi dan daerah berbeda di RSDC Wisma Atlet, tetapi mereka berjuang demi tujuan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya