Senin 05 Oktober 2020, 17:01 WIB

Pengamat:Gugus Tugas Jabodetabek Tak Ada Urgensinya

Hilda Julaika | Megapolitan
Pengamat:Gugus Tugas Jabodetabek Tak Ada Urgensinya

Antara
Ilustrasi

 

USULAN adanya Gugus Tugas Jabodetabek tidak memiliki urgensi untuk dibentuk.  Menurut, Pengamat kebijakan publik Trubus Rahadiansyah lembaga seperti itu tidak dibutuhkan dalam penanganan covid-19 yang sudah berjalan 7 bulan ini.

“Menurut saya nggak perlu. Karena di samping penangannya sudah terlalu terlambat. Karena urgensinya tidak ada kan penanganan sudah berjalan 7 bulan dan gak banyak perubahan apapun,” kata Trubus kepada mediaindonesia.com, Senin (5/10).

Sehingga menurutnya keberadaan Gugus Tugas Jabodetabek ini hanya menambah birokrasi saja. Alhasil bisa memperpanjang birokrasi dalam penanganan covid-19. Adapun jika diteruskan, Gugus Tugas Jabodetabek dinilai tidak akan memberikan penegakan protokol covid-19 secara efektif.

“Hal itu juga nggak akan memebrikan dampak signifikan apa-apa terhadap pengendalian covid-19 dan penegakan protokol kesehatan,” jelasnya.

Baca juga : DKI dan Bodebek Harus Ada Kesepakatan Kebijakan

Selain itu, pihaknya khawatir akan membuat keberadaan Gugus Tugas yang ada terdegradasi. Karena setiap provinsi sudah memiliki Gugus Tugas sehingga menimbulkan adanya kompetisi dan bisa menimbulkan tabrakan kebijakan.

“Itu dampak dominonya bisa ke publik. Ada kebingungan juga kemudian malah menimbulkan aturan atau kebijakan yang aneh-aneh untuk memperlihatkan eksistensi. Menurut saya nggak ada kaitan langsung dengan penanganan dan pemutusan penyebaran covid-19,” kritiknya.

Sehingga menurutnya saat ini yang terpenting adalah adanya keselarasan kebijakan. Dalam hal ini kebijakan di DKI Jakarta dan wilayah Bogor, Depok, Tanggerang, dan Bekasi.

“Sinkronisasi kebijakan dengan wilayah penyangga yang perlu dilakukan. Karena kan warga Bodebek itu mencari nafkahnya ke DKI Jakarta dank arena kebijakan belum selaras juga ada warga DKI yang jadi bebas cari hiburan dan tempat makan di wilayah penyangga,”pungkasnya. (OL-2)

 

Baca Juga

Ilustrasi

Dua Ormas Bentrokan di Ciledug, Dua Orang Ditangkap

👤Siti Yona Hukmana 🕔Kamis 29 Oktober 2020, 15:31 WIB
Polisi menangkap dua orang dalam bentrokan dua ormas di Jalan Ciledug Raya, Larangan, Kota Tangerang, keributan yang terjadi Kamis (29/10)...
MI/Andri Widiyanto

Lahan Pemakaman Krisis, DKI Harus Optimalkan TPU Rorotan

👤Hilda Julaika 🕔Kamis 29 Oktober 2020, 15:16 WIB
Hingga kini lahan pemakaman dengan prototap covid-19 terus menipis. Di TPU Pondok Ranggon saja kemarin tersisa 300 petak lahan pemakan...
MI/Rudi Kurniawansyah

Kapolri: Operasi Zebra 2020 Akan Mengedepankan Edukasi

👤Yakub Pryatama Wijayaatmaja 🕔Kamis 29 Oktober 2020, 15:03 WIB
Kapolri Jenderal Polisi Idham Azis menginstruksikan seluruh jajaran Korps Lalu Lintas (Korlantas) untuk mengedepankan proses edukasi dalam...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya