Senin 05 Oktober 2020, 14:35 WIB

DKI dan Bodebek Harus Ada Kesepakatan Kebijakan

Hilda Julaika | Megapolitan
DKI dan Bodebek Harus Ada Kesepakatan Kebijakan

MI/Andri Widiyanto
Petugas gabungan menjaring warga yang tidak mengenakan masker saat Operasi Yustisi di kawasan Bundaran HI, Jakarta, Selasa (15/9).

 

Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta Abdurrahman Suhaimi menilai antara DKI Jakarta dan wilayah penyangga yakni Bodebek harus ada kesepakatan kebijakan. Hal ini dilakukan untuk membuat kebijakan penanggulangan covid-19 di wilayah aglomerasi ini efektif.

“Untuk penanganan ini urgent. Langkah-langkahnya harus jelas dan konkret. Dan sudah sewajarnya kalau ini terkait dengan ibu kota ya, sudah wajar kalau antara daerah penyangga itu ada semacam kesepakatan ini yang harus kita lakukan bersama untuk menjaga DKI dan untuk menjaga daerah-daerah penyangga,” jelasnya kepada Media Indonesia, Senin (5/10).

Baca juga:Stigma Stiker Isolasi Mandiri Bisa Hambat Proses Kesembuhan

Meski demikian, sebetulnya Suhaimi beranggapan harus ada keselarasan dengan wilayah lainnya juga. Karena sekarang akses dari dan ke Jakarta sudah terbuka luas. Di tambah kecepatan transportasi dan fasilitas membuat mobilisasi orang menjadi lebih mudah.

Menurutnya jika tidak ada kebijakan yang serentak justru akan membuat masyarakat bingung dalam merespons kebijakan.

“Semua wilayah itu kan orang dari Jakarta bisa ke Semarang, Solo, Jawa Timur. Apalagi dengan tol cepat sekali. Maka dengan kecepatan transportasi yang ada ini dan dengan kemudahan fasilitas maka pemerintah pusat harus mengambil porsinya yang jelas. Daerah juga yang jelas kebijakannya. Dan jangan memberikan komentar-komentar yang bertabrakan terkait itu. bingung masyarakat,” kritiknya.(H-3)

Baca Juga

MI/Fransisco Carolio Hutama Gani

Polisi Cek CCTV Cari Pelaku Begal Perwira Marinir saat Bersepeda

👤Rahmatul Fajri 🕔Kamis 29 Oktober 2020, 00:28 WIB
"Kita identifikasi diduga ada 2 motor dari CCTV, tapi masih kita dalami dari dua motor itu, karena arahnya sama," kata...
Antara

Pemprov DKI Klaim Siap Antisipasi Banjir

👤Anis Putri Yuliani 🕔Rabu 28 Oktober 2020, 22:50 WIB
"Prinsipnya Pemprov DKI Jakarta akan terus mengupayakan, memastikan tidak ada warga yang terdampak genangan lagi," pungkas...
dok rsdc wisma atlet

Sumpah Pemuda Lecut Semangat Tenaga Medis RSDC Wisma Atlet

👤RO/Micom 🕔Rabu 28 Oktober 2020, 21:46 WIB
Ada dua ribu tenaga kesehatan dengan latar belakang institusi dan daerah berbeda di RSDC Wisma Atlet, tetapi mereka berjuang demi tujuan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya