Senin 05 Oktober 2020, 14:10 WIB

Stigma Stiker Isolasi Mandiri Bisa Hambat Proses Kesembuhan

Hilda Julaika | Megapolitan
Stigma Stiker Isolasi Mandiri Bisa Hambat Proses Kesembuhan

ANTARA/GALIH PRADIPTA
Petugas merapikan ruang isolasi mandiri pasien COVID-19 di Graha Wisata Ragunan, Jakarta, Rabu (30/9)

 

Ketua Fraksi Gerindra DPRD DKI Jakarta Rani Mauliani mengkhawatirkan stiker isolasi mandiri yang ditempelkan di rumah warga bisa menimbulkan hambatan penyembuhan. Karena stigma masyarakat sekitar akan membuat penderita terhambat proses kesembuhannya.

“Soal stiker ini memang perlu dipertimbangkan lagi karena bisa menghambat proses kesembuhan segera karena covid-19 ini dapat dilawan dengan kondisi imunitas yang baik dan stabil terjaga ritmenya. Semua itu sangat bergantung pada pikiran & hati,” kata Rani kepada Media Indonesia, Senin (5/10).

Ia menilai perlu ada hal yang diperjelas perihal isi tulisan dalam stiker tersebut. Karena menurutnya niatnya memang baik utnuk masyarakat bisa melakukan antisipasi dan disiplin dalam masa isolasi mandiri. Agar lebih sadar jika ada yang tengah melakukan isolasi mandiri di rumah.

Baca juga: 856 Perusahaan di DKI Disidak, 159 Perusahaan Ditutup Sementara

Namun, tetap perlu menjadi pertimbangan karena masih banyak stigma dan paradigma buruk terkait covid-19. Hal ini dikhawatirkan bisa membuat penderita serta keluarganya terdampak secara psikologis.

“Tetapi patut dipertimbangkan juga bila di kita masih banyak paradigma masyarakat yang mungkin lebih membuat para penderita serta keluarganya terdampak secara psikologis. Sehingga bisa menghambat proses kesembuhan,” sarannya.

Menurutnya yang terpenting dari isolasi mandiri di rumah ini adalah pengawasan dan pengecekan yang rutin dan ketat. Seperti melalui petugas kesehatan dan bantuan dari RT/RW setempat.

“Iyaa cukup minta bantuan RT atau RW dilibatkan dalam pemantauan warganya. Dan ada juga pantauan dari dokter agar kondisi pasien isolasi mandiri lebih maksimal dalam perawatannya,’ pungkasnya.

Seperti diketahui Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan telah melunakan kebijakan isolasi mandiri yang sebelumnya wajib di fasilitas kesehatan. Saat ini bagi pasien covid-19 tanpa gejala dan gejala ringan diperbolehkan isolasi mandiri di rumah dengan syarat kemampuan rumah yang layak isolasi dan finansial yang baik.

Baca Juga

Antara/Aprilio Akbar

Pemotor yang Berteduh di Bawah Jembatan Layang Akan Dipidana

👤Rahmatul Fajri 🕔Kamis 29 Oktober 2020, 01:35 WIB
Hal itu terlihat dengan adanya rambu dilarang berhenti yang terpasang di pinggir...
MI/Fransisco Carolio Hutama Gani

Polisi Cek CCTV Cari Pelaku Begal Perwira Marinir saat Bersepeda

👤Rahmatul Fajri 🕔Kamis 29 Oktober 2020, 00:28 WIB
"Kita identifikasi diduga ada 2 motor dari CCTV, tapi masih kita dalami dari dua motor itu, karena arahnya sama," kata...
Antara

Pemprov DKI Klaim Siap Antisipasi Banjir

👤Anis Putri Yuliani 🕔Rabu 28 Oktober 2020, 22:50 WIB
"Prinsipnya Pemprov DKI Jakarta akan terus mengupayakan, memastikan tidak ada warga yang terdampak genangan lagi," pungkas...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya