Senin 05 Oktober 2020, 10:07 WIB

Penggunaan BBG Lebih Efisien Bagi Nelayan

Insi Nantika Jelita | Ekonomi
Penggunaan BBG Lebih Efisien Bagi Nelayan

MI/Dwi Apriani
Ratusan nelayan di Muba diverifikasi penggunaan BBM ke BBG. Penggunaan BBG dinilai lebih efisien bagi nelayan.

 

KEMENTERIAN Energi dan Sumber Daya Mineral menyebut penggunaan bahan bakar gas (BBG) lebih efisien ketimbang penggunaan bahan bakar minyak (BBM) bagi nelayan.

Tenaga Ahli Menteri ESDM Bidang Litigasi dan Keamanan Obyek Vital Nasional Yurod Saleh menuturkan dengan memakai BBG nelayan bisa menghemat biaya operasional.

"Bahan bakar gas (BBG) ini lebih murah dibanding BBM per liternya. Penghematan biaya operasional dengan menggunakan LPG berkisar 30-50% dibanding saat menggunakan BBM (minyak solar). Di beberapa tempat bahkan bisa menghemat hingga 80%," jelas Yurod dalam keterangan resminya di Jakarta, Senin (5/10).

Hal itu diungkapkan Yurod terkait dengan rencana pemerintah untuk  mendistribusikan paket perdana Program Konversi Bahan Bakar Minyak (BBM) ke Bahan Bakar Gas (BBG) untuk nelayan di bulan ini.

Yurod juga menyampaikan manfaat lain soal penggunaan BBG terhadap nelayan. Dari segi perawatan mesin BBG, dikatakan lebih mudah. Menurutnya, rakitan yang sederhana dan bahan bakar yang lebih bersih menjadikan perawatan mesin lebih mudah dan mesin juga lebih awet dibandingkan menggunakan BBM.

Yurod juga menerangkan penggunaan BBG lebih aman ketimbang BBM. Bahan bakar gas yang dikompresi dan ditampung dalam tabung bertekanan tinggi, katanya, menjadikan bahan bakar yang aman baik bagi pengguna maupun kendaraannya.

"Manfaat lainnya, emisi lebih rendah. BBG memiliki hasil pembakaran yang lebih bersih dibandingkan dengan BBM. Hal ini disebabkan rantai karbon bahan bakar gas lebih pendek dibandingkan yang dihasilkan BBM sehingga memiliki angka oktan yang lebih tinggi dari BBM," ungkap Yurod.

Ia menjelaskan program Konversi BBM ke BBG untuk nelayan merupakan amanat Peraturan Presiden No. 38 tahun 2019 tentang Penyediaan, Pendistribusian dan Penetapan Harga LPG (Liquified Petroleum Gas) Tabung 3 Kg untuk kapal penangkap ikan bagi nelayan sasaran dan mesin pompa air bagi petani sasaran.

"Kami harus memberikan pemahaman bahwa BBG ini lebih murah, aman dan ramah lingkungan. Ini semua harus kita sosialisasikan dengan baik kepada masyarakat nelayan," pungkas Yurod. (E-3)

Baca Juga

Dok. BTN

Pacu Gairah Pasar, BTN-Winland Development Tawarkan KPR Holiday

👤Ghani Nurcahyadi 🕔Kamis 29 Oktober 2020, 01:31 WIB
Pogram KPR Holiday difokuskan bagi pemasaran tiga proyek perumahan yang dikembangkan Winland Development di wilayah Cileungsi,...
Antara/Raisan Al-Farisi

UU Cipta Kerja Buka Ruang Konsolidasi Data Tunggal KUMKM

👤Despian Nurhidayat 🕔Kamis 29 Oktober 2020, 00:17 WIB
UU Cipta Kerja dibuat dengan tujuan untuk menjawab masalah-masalah utama yang dihadapi oleh UMKM dan koperasi yang sebelumnya menyebabkan...
Dok UResort

Bidik Mahasiswa, Apartemen Ini Sesuaikan Kebutuhan Kampus

👤Ihfa Firdausya 🕔Kamis 29 Oktober 2020, 00:15 WIB
Hunian yang membidik pasar mahasiswa sekarang ini tidak cukup sekadar dekat dengan kampus, tapi juga harus menunjang kegiatan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya