Senin 05 Oktober 2020, 01:35 WIB

Waspadai Munculnya Fenomena La Lina

Lilik Darmawan | Humaniora
 Waspadai Munculnya Fenomena La Lina

ANTARA
Ilustrasi

 

STASIUN Meteorologi BMKG Tunggul Wulung, Cilacap, Jawa Tengah (Jateng) meminta masyarakat dua wilayah Jateng bagian selatan untuk waspada terhadap kemunculan fenomena La Nina. Fenomena tersebut ditandai tingginya curah hujan yang dapat memicu bencana hidrometeorologi seperti banjir dan longsor. Bahkan, ada potensi juga angin puting beliung dan hujan es.

Pengamat cuaca BMKG Tunggul Wulung Cilacap Rendi Krisnawan mengatakan bahwa fenomena La Nina merupakan gangguan atmosfer global saat suhu muka air laut di Samudra Pasifik lebih dingin jika dibandingkan dengan kondisi normal. Di sisi lain, suhu permukaan air laut di wilayah  perairan Indonesia lebih hangat kalau dibandingkan dengan kondisi normal.

"Dengan suhu permukaan air laut yang hangat, maka akan memicu pertumbuhan awan hujan yang lebih tinggi daripada normalnya. Sehingga potensi hujan juga semakin tinggi," jelas Rendi, Minggu (4/10).

Dengan kondisi tersebut, maka dapat memicu adanya bencana hidrometeorologi seperti banjir dan tanah longsor. "Apalagi nanti pada puncak musim penghujan, curah hujan diperkirakan akan semakin lebat. Karena itulah, kami mengimbau kepada masyarakat dan pemkab di wilayah Jateng selatan untuk siap siaga mengantisipasi kemungkinan terjadinya bencana," katanya.

Menurutnya, pada masa peralihan dari musim kemarau ke musim hujan  seperti sekarang juga perlu kewaspadaan adanya puting beliung dan petir. "Pada masa transisi, ada  pertumbuhan awan Cumulonimbus yang berpotensi memunculkan puting beliung dan petir," tambahnya. (R-1)

Baca Juga

DOK KOMINFO

Anak Muda Berperan Besar Satukan Indonesia

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 25 Oktober 2020, 13:26 WIB
Sejumlah video unjuk bakat beserta kreatifitas anak muda menunjukkan betapa hebatnya budaya bangsa...
MI/Alexander P Taum

Wamenag Minta Warga Wajib Rawat Kebhinekaan dan Jaga Indonesia

👤Alexander P Taum 🕔Minggu 25 Oktober 2020, 12:44 WIB
Berbicara dalam kesepatan tatap muka bersama FKUB Kabupaten Lembata serta keluarga besar Kementerian Agama, Zainut menegaskan Indonesia...
ANTARA/FB Anggoro

253 Petugas Medis Wafat Akibat Covid-19

👤Atalya Puspa 🕔Minggu 25 Oktober 2020, 12:35 WIB
Dokter dan tenaga kesehatan lainnya merupakan garda terdepan saat menghadapi pandemi covid-19. Perlindungan terhadap mereka juga harus...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya