Minggu 04 Oktober 2020, 03:10 WIB

Sikap Adaptif Modal bagi Kebangkitan Ekonomi

Iam/X-6 | Ekonomi
Sikap Adaptif Modal bagi Kebangkitan Ekonomi

Antara/Hafidz Mubarak
Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati

 

SIKAP adaptif, responsif, dan peduli dalam mengelola keuangan negara kala menghadapi pandemi covid-19 diyakini sebagai modal utama untuk mendorong kebangkitan ekonomi Tanah Air. Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengajak seluruh jajarannya untuk mengadopsi sikap tersebut.

“Kita harus adaptif, kita juga harus responsif dan kita harus peduli untuk menangani, mengatasi covid ini, dan mendorong kebangkitan ekonomi Indonesia kembali,” cetus Menkeu dalam Kick Off Rangkaian Peringatan Hari Oeang ke-74 yang dilansir, kemarin.

Bendahara negara, menurut Sri Mulyani, harus memiliki kemampuan adaptif, responsif, dan kepedulian tinggi dalam menggunakan anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN) sebagai instrumen fiskal. Adaptif, misalnya, dapat ditunjukkan dengan pola kerja dan perumusan kebijakan yang berubah total akibat pandemi.

Responsif, tambah Menkeu, dapat ditunjukkan melalui perumusan kebijakan APBN untuk menjawab kebutuhan seluruh masyarakat yang terdampak pandemi, seperti kesehatan, perlindungan sosial, dukungan UMKM, dunia usaha bahkan kepada pemerintah daerah.

Peduli dapat ditunjukkan dengan melakukan perubahan dan kepekaan dalam menghadapi pandemi. Kepedulian itu ditujukan untuk menjaga daya tahan ekonomi Indonesia dari tekanan dampak pandemi covid-19.

Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia itu juga meminta seluruh jajarannya untuk mematri tekad yang sama untuk menjaga keuangan negara.

Paralel dengan Menkeu, Ketua Badan Anggaran Dewan Perwakilan Rakyat Mohammad Said Abdullah menuturkan sikap adaptif pemerintah dan pemangku kepentingan dalam menangani pandemi merupakan jalan keluar yang bisa ditempuh.

Menurutnya, di tengah tekanan pandemi berbagai langkah dan kebijakan tidak bisa dilakukan dengan cara biasa. “Berbagai keterbatasan gerak dan interaksi hendaknya tidak menjadi hambatan dalam menjalankan program strategis. Kemampuan adaptasi inilah yang harus bisa dijawab jajaran pemerintahan,” imbuh Said, kemarin. (Iam/X-6)

Baca Juga

Ilustrasi

Digitalisasi Ekonomi dan Keuangan Syariah Miliki Potensi Besar

👤M. Ilham Ramadhan Avisena 🕔Kamis 29 Oktober 2020, 15:42 WIB
Menurut Deputi Gubernur Bank Indoensia (BI) Sugeng, melalui digitalisasi pula definisi sempit dari ekonomi dan keuangan syariah menjadi...
ANTARA/Asep Fathulrahman

Laba Bersih Wika Kuartal III 2020 Amblas 79% dari Tahun Lalu

👤 Fetry Wuryasti 🕔Kamis 29 Oktober 2020, 15:28 WIB
Jatuhnya laba Wika karena beban pendapatan kuartal III 2020 naik menjadi Rp9,49 triliun (+46,9%) dari kuartal II 2020 sekitar Rp6,42...
Antara

Tingkatkan Mutu Pelayanan, Pegadaian Lakukan Standardisasi Outlet

👤Despian Nurhidayat 🕔Kamis 29 Oktober 2020, 14:22 WIB
PT Pegadaian Persero melakukan standardisasi terhadap 220 outlet Pegadaian di seluruh Indonesia pada tahun...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya