Sabtu 03 Oktober 2020, 20:30 WIB

UNESCO Apresiasi Keberadaan Masker Batik

Agus Utantoro | Humaniora
UNESCO Apresiasi Keberadaan Masker Batik

ANTARA/Iggoy el Fitra
.

 

UNESCO mengapresiasi para perajin batik yang pada masa pandemi covid-19 mampu bertahan. Bahkan, mereka membuka peluang-peluang baru salah satunya dengan membuat masker batik.

Dalam peringatan Hari Batik Nasional tahun ini UNESCO Jakarta bersama para pecinta dan pemerhati serta produsen/perajin batik menggelar peringatan secara daring. Peringatan ini berlangsung pada Jumat (2/10) petang yang menghubungkan beberapa kota di Indonesia, termasuk Yogyakarta.

Dalam rilisnya yang diterima Media Indonesia di Yogyakarta, Director and Representatives of UNESCO Jakarta, Prof Shahbaz Khan, mengatakan warisan budaya tak benda seperti batik selain membutuhkan upaya konservasi teknis dari para ahli berikut kajian ilmiahnya, juga upaya manusia sekelilingnya untuk bisa terus lestari. Salah satunya terkait keberadaan masker batik.

Dari para praktisi yang punya kemampuan dan pengetahuan, generasi muda yang belajar mewarisi pengetahuan tersebut dan akhirnya kalangan masyarakat luas yang menghargai warisan budaya itu mendukung upaya alih pengetahuan antargenerasinya.

"Saya berharap melalui Perayaan Hari Batik ini, Indonesia bisa terus bersama melestarikan warisan budaya," jelasnya.

Arkeolog Universitas Gadjah Mada DS Nugrahani mengungkapkan batik sebenarnya media untuk menyampaikan pesan dari si pembuat kepada masyarakat luas. Dari aspek motifnya, katanya, batik juga semakin berkembang. Ia mengungkap contoh pada motif klasik truntum yang berkembang dengan dikombinasikan motif lain, seperti motif parang, atau motif dari relief candi. (OL-14)

Baca Juga

DOK KOMINFO

Anak Muda Berperan Besar Satukan Indonesia

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 25 Oktober 2020, 13:26 WIB
Sejumlah video unjuk bakat beserta kreatifitas anak muda menunjukkan betapa hebatnya budaya bangsa...
MI/Alexander P Taum

Wamenag Minta Warga Wajib Rawat Kebhinekaan dan Jaga Indonesia

👤Alexander P Taum 🕔Minggu 25 Oktober 2020, 12:44 WIB
Berbicara dalam kesepatan tatap muka bersama FKUB Kabupaten Lembata serta keluarga besar Kementerian Agama, Zainut menegaskan Indonesia...
ANTARA/FB Anggoro

253 Petugas Medis Wafat Akibat Covid-19

👤Atalya Puspa 🕔Minggu 25 Oktober 2020, 12:35 WIB
Dokter dan tenaga kesehatan lainnya merupakan garda terdepan saat menghadapi pandemi covid-19. Perlindungan terhadap mereka juga harus...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya