Sabtu 03 Oktober 2020, 18:07 WIB

Kementan Perkuat Pertanian di Blitar dengan Bantuan Alsintan

mediaindonesia.com | Nusantara
Kementan Perkuat Pertanian di Blitar dengan Bantuan Alsintan

Ist/Kementan
Petani menggunakan planter hand tractor bantuan dari Kementrian Pertanian.

 

KEMENTERIAN Pertanian memperlihatkan dukungannya untuk memperkuat sektor pertanian di Blitar, Jawa Timur(Jatim). Dukungan tersebut berupa bantuan alat dan mesin pertanian (alsintan) yang disalurkan melalui Direktorat Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian (Ditjen PSP).

Alsintan yang diserahkan adalah tiga unit hand tractor, 10 unit hand sprayer, dan pompa air 1 unit, dan akan dimanfaatkan tujuh kelompok tani di Kota Blitar.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengatakan pemberian alsintan ini bukti nyata dukungan Kementan untuk memperkuat pertanian.

“Kementerian Pertanian mendukung upaya modernisasi untuk mencapai ketahanan pangan. Modernisasi pertanian bisa dicapai dengan mekanisasi dalam menjalankan usaha tani dengan menggunakan alsintan. Oleh karena itu kita berharap bantuan alsintan yang kita berikan bisa dimaksimalkan,” tutur Mentan SYL, Sabtu (3/10).

Dirjen PSP Kementerian Pertanian Sarwo Edhy mengatakan penggunaan alsintan dalam pertanian sudah tidak bisa diabaikan.

“Salah satu ciri pertanian modern adalah menggunakan alsintan, dari hulu hingga hilir. Dengan cara ini, peningkatan produksi bisa dilakukan. Karena alsintan mampu menekan losses dan juga membuat pertanian menjadi efisien,” tuturnya.

Menurut Wali Kota Blitar Santoso, bantuan alsintan merupakan program APBN dari Direktorat Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian Kementerian Pertanian RI.

Wali Kota Blitar berharap, produksi pertanian dan produk olahan akan semakin meningkat dengan diterimanya bantuan tersebut. Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) di Kota Blitar juga diminta Wali Kota Blitar untuk mengatur penggunaan alat-alat tersebut kepada anggotanya.

“Gunakan dan rawat bersama-sama, untuk sementara pompa air masih satu kecamatan yang menerima, untuk kecamatan yang lain mohon bersabar menunggu koordinasi Dinas Pertanian dan Pangan dengan Kementan untuk pemenuhannya,” katanya. (RO/OL-09)

Baca Juga

ANTARA

Satgas Covid-19 Mebidang Tetap Gencarkan Razia Prokes

👤Yoseph Pencawan 🕔Minggu 25 Oktober 2020, 14:10 WIB
Satgas Covid Mebidang sempat mengalami serangan fisik secara brutal oleh kelompok preman saat merazia sebuah tempat usaha di Komplek Brayan...
DOK MI

Sudah 599 Jenazah Dimakamkan dengan Protokol Covid-19 di Gowa

👤Lina Herlina 🕔Minggu 25 Oktober 2020, 13:56 WIB
Kota Makassar sebagai episentrum Covid-19 di Sulsel sudah tercatat masuk zona...
DOK MI

Bawaslu Bangka Belum Temukan Pelanggaran ASN

👤Rendy Ferdiansyah 🕔Minggu 25 Oktober 2020, 13:41 WIB
Belum ditemukan adanya aparatur sipil negara di Bangka Barat yang terlibat dalam kampanye pasangan calon dalam...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya