Sabtu 03 Oktober 2020, 17:15 WIB

Napi WNA Kabur, 5 Petugas Lapas Kelas I Tangerang Dinonaktifkan

Rahmatul Fajri | Politik dan Hukum
 Napi WNA Kabur, 5 Petugas Lapas Kelas I Tangerang Dinonaktifkan

Ilustrasi
Napi Kabur

 

DIREKTORAT Jenderal Permasyarakatan (Ditjen Pas) Kemenkumham RI menonaktifkan Lima petugas Lapas Kelas I Tangerang terkait dengan kaburnya narapidana warga negara Tiongkok Cai Changpan pada 14 September lalu. Kelima petugas itu dinonaktifkan demi kepentingan pemeriksaan lebih lanjut.

"Betul. Untuk kepentingan pemeriksaan," kata Kabag Humas dan Protokol Ditjen PAS, Rika Aprianti saat dihubungi, Sabtu (3/10).

Baca juga: Pengamat Ragukan Akuntabilitas Anggaran 2020

Rika mengatakan lima petugas yang dinonaktifkan itu merupakan Kepala Pengamanan Lapas Kelas 1 Tangerang, dua komandan jaga dan dua petugas jaga. Meski begitu, Rika tidak merinci identitas kelima orang tersebut.

Rika mengatakan kelimanya saat ini ditempatkan di kantor wilayah Kemenkumhan Banten. Sebelumnya, ada dua sipir yang dinonaktifkan, yakni sipir berinisial S dan seorang PNS administrasi yang juga berinisial S.

Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Brigjen Pol Yusri Yunus mengatakan keduanya dinilai lalai dalam tugasnya, sehingga Cai Changpan kabur dari lapas. Keduanya dipersangkakan dengan Pasal 426 KUHP dengan ancaman pidana penjara paling lama empat tahun.

"Ada indikasi sementara ini dua pegawai sipir melakukan kelalaian yang bisa dipersangkakan di pasal 426 KUHP. Untuk sementara ini masih menjadi saksi," kata Yusri.

Selain itu, dari keterangan para napi dalam lapas itu, kedua petugas itu turut membelikan peralatan yang digunakan oleh Cai Changpan untuk kabur, salah satunya adalah pompa air saat menggali lubang sepanjang 30 meter.

Yusri mengatakan dengan adanya keterlibatan itu, pihaknya akan segera menaikkan ke tahap penyidikan dan akan menetapkan tersangka.

Baca juga: Ini Saran Eks Komioner KPK Soal Revisi UU Kejaksaan

"Mudah-mudahan gelar perkara selesai untuk bisa ditingkatkan sebagai tersangka. Nanti akan kami sampaikan," kata Yusri.

Cai Changpan merupakan narapidana narkoba yang divonis hukuman mati sejak 2017. Sebelumnya, viral di media sosial video yang memperlihatkan Cai Changpan kabur dari Lapas Kelas I Tangerang. (OL-6)

Baca Juga

DOK BAKAMLA

Perairan Natuna Incaran Kapal Vietnam

👤Cah/P-1 🕔Sabtu 31 Oktober 2020, 04:36 WIB
Bakamla dengan menggunakan Kapal Negara (KN) Pulau Nipah 321 menangkap dua kapal nelayan Vietnam yang sedang mengambil ikan di wilayah...
Dok.MI

KPK Harus Tangkap Pelindung Buron

👤Cahya Mulyana 🕔Sabtu 31 Oktober 2020, 04:30 WIB
Perbedaan ketidakmampuan maupun ketidakmauan dalam penangkapan Harun Masiku sangat tipis. KPK perlu menunjukkan komitmennya dalam menemukan...
Antara/Yudhi Mahatma/Medcom.id

Megawati Diingatkan tak Salahkan Milenial

👤Medcom.id/Ant/P-2 🕔Sabtu 31 Oktober 2020, 04:18 WIB
Megawati diminta tidak menggeneralisasi pemuda terkait dengan aksi anarkistis dalam demo menolak Undang-Undang Cipta...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya