Sabtu 03 Oktober 2020, 15:45 WIB

Perajin Batik Gelar Festival di Kuburan Londo

Bagus Suryo | Nusantara
Perajin Batik Gelar Festival di Kuburan Londo

MI/Bagus Suryo
.

 

POPULARITAS batik kian moncer di Kota Malang, Jawa Timur. Perajin batik skala usaha mikro kecil menengah (UMKM) sudah tersebar di kampung-kampung.

Dalam promosi batik selama masa covid-19, festival batik dihelat tak mewajibkan tempat mewah, seperti hotel yang sudah umum. Pameran di kuburan pun jadi.

Para pembatik di Kota Malang membuat terobosan unik dan berani tampil beda. Mereka memperingati Hari Batik Nasional 2020 di permakaman umum, Kecamatan Sukun, Kota Malang, Sabtu (3/10).

Di kawasan makam peninggalan Belanda yang melegenda dan berasitektur kolonial, para pembatik berkarya. Warga menyebut TPU itu  sebagai kuburan londo. Maklum, dulunya makam tersebut hanya diperuntukkan bagi warga Belanda dan Eropa yang tinggal di Malang. Saat ini, makam masih diaktifkan untuk permakaman warga non-muslim.

Selama festival, sejumlah pembatik beraktivitas menyelesaikan berbagai motif dengan corak dominan buah sukun. Tak begitu lama, kain putih di depan pembatik penuh dengan warna. Mereka telaten mencelupkan canting ke lilin. Goresan demi goresan memenuhi kain dasar putih. Proses pewarnaan pun dilakukan di tempat itu.

Dalam festival batik di kuburan londo menghadirkan proses lengkap membatik. Tahun ini, peringatan Hari Batik Nasional lebih bermakna.

"Ini perkawinan yang menarik, dari event festival batik dengan lokasi heritage makam," tegas Wali Kota Malang Sutiaji.

Menurut Sutiaji, festival batik ini mematahkan anggapan makam itu angker dan menyeramkan. Bagi perajin batik, kuburan londo menyimpan potensi.

Pasalnya, sampai kini, orang Belanda dan Eropa masih mengunjungi tempat itu untuk menapak tilas leluhur mereka. Potensi itu bisa mengangkat pamor karya batik lantaran wisatawan mancanegara bukan sekadar singgah, tetapi juga membeli batik buatan warga setempat.

"Hidupkan dan teruskan kreativitas di tempat ini sebagai penyangga wisata Kota Malang," imbuhnya. (OL-14)

Baca Juga

Medcom/Amaluddin

Khofifah Dorong Upaya Peningkatan SDM Muslimat NU

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 29 Oktober 2020, 18:08 WIB
Muslimat NU yang selalu menggaungkan toleransi, keseimbangan, dan keadilan tersebut, dinilai perlu melakukan revitalisasi yang mencakup...
dok.mi

Pasien Sembuh Covid-19 di NTT Tambah 33 Orang, Kasus Baru Nihil

👤Palce Amalo 🕔Kamis 29 Oktober 2020, 17:30 WIB
PASIEN sembuh dari covid-19 di Nusa Tenggara Timur (NTT) bertambah 33 orang, Kamis (29/10). Sebaliknya, tidak ada tambahan kasus...
Antara

Hasil Panen Bawang Merosot Harganya Jadi Meroket

👤John Lewar 🕔Kamis 29 Oktober 2020, 17:20 WIB
TURUNNYA hasil panen produksi petani bawang merah, putih dan bawang Bombai di beberapa daerah yang menjadi kantong produksi, menyebabkan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya