Sabtu 03 Oktober 2020, 14:20 WIB

Pers Jadi Pahlawan Di Tengah Pandemi Covid-19

Media Indonesia | Humaniora
Pers Jadi Pahlawan Di Tengah Pandemi Covid-19

PWI Pusat
Ketua Umum PWI Pusat Atal S Depari (kiri) berbincang dengan Menkes Terawan Agus Putranto

 

Menteri Kesehatan sekaligus Wakil Ketua Pengarah Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Terawan Agus Putranto mengatakan pers adalah pahlawan.

Mereka berperan penting dalam melayani masyarakat melalui pemberitaan yang baik dan benar di tengah pandemi covid-19.

"Media adalah pahlawan bangsa seperti di masa pandemi ini, di saat bangsa membutuhkan pikiran dan tenaga mereka untuk mengatasi penyebaran Covid-19," jelas Terawan, Jumat (2/10).

Hal itu dikatakan Terawan saat menerima kunjungan Pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat yang dipimpin Ketua Umum PWI Pusat Atal S Depari yang didampingi Sekjen PWI Pusat Mirza Zulhadi dan jajaran pengurus lainnya.

Jajaran pengurus PWI Pusat yang hadir dalam silaturahmi itu ialah Ketua Panitia Pelaksana HPN 2021 Auri Jaya, Ketua Mappilu PWI Suprapto Sastro Atmojo, Wakil Bendahara Umum PWI Pusat Dar Edi Yoga dan Humas PWI Pusat Mercys Charles Loho.

Terawan melanjutkan, wartawan dibutuhkan untuk menangkal hoaks dan berita menyesatkan. Hal tersebut sangat diperlukan untuk membantu pemerintah dalam menentramkan masyarakat.

Ia mencontohkan salah satu keberhasilan pemerintah di negara lain dalam menekan laju pandemi, dipengaruhi para pelaku jurnalistik. Pasalnya, mereka selalu memberitakan hal positif terkait perkembangan covid-19.

"Pers punya peran yang signifikan dalam rangka menghambat laju corona, tentu dengan memberitakan kabar yang benar tentang Pandemi. Kita ambil contoh Keberhasilan beberapa negara di luar seperti Singapura dan negara lain berkat pers yang membela Negaranya lewat pemberitaan yang benar pandemi bisa dilawan," jelas Terawan dalam siaran pers yang diterima <i>mediaindonesia.com<p> kemarin.

"Bukan malah memperkeruh dan membuat gaduh" tambahnya.

Dalam pertemuan tersebut, Terawan juga mengatakan akan hadir dalam diskusi Mappilu PWI yang dilaksanakan jelang Pilkada Serentak 9 Desember.

Sementara Atal S Depari mengatakan wartawan anggota PWI siap membantu pemerintah untuk menangani penyebaran covid-19.

Sebelumnya Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19, Doni Monardo mengatakan, sebanyak 5.800 wartawan di seluruh Indonesia akan ikut dilibatkan dalam upaya perang melawan korona. Para wartawan akan bertugas dalam penyampaian pesan positif dan faktual terkait perubahan perilaku.

“Satgas bersama PWI kerja sama untuk pelibatan 5.800 wartawan dari seluruh provinsi dari Aceh sampai Papua,” katanya, dalam Webinar Mappilu PWI Kamis (1/10). (RO/O-2)

Baca Juga

Ilustrasi

Ivermectin Bisa Jadi Alternatif Pengobatan Pasien Covid-19

👤Syarief Oebaidillah 🕔Kamis 29 Oktober 2020, 02:10 WIB
Sejumlah negara Amerika Selatan juga telah menggunakan Ivermectin sebagai pengobatan dan tindakan...
Dok. Pribadi

Kowani : Sumpah Pemuda juga Momen Perjuangan Perempuan

👤Syarief Oebaidillah 🕔Kamis 29 Oktober 2020, 02:01 WIB
"Dua bulan setelah peringatan Sumpah Pemuda pada 28 Oktober 1928, para perempuan Indonesia menginisiasi pembentukan Perikatan...
Dok. Pribadi

Kemenpora : Potensi Pemuda Bangun Bangsa Harus Dioptimalkan

👤Ghani Nurcahyadi 🕔Kamis 29 Oktober 2020, 01:55 WIB
Zainuddin optimistis, pemuda Indonesia bisa mengembangkan potensi yang dimiliki untuk pembangunan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya