Sabtu 03 Oktober 2020, 08:36 WIB

Suhu di Semenanjung Antartika Semakin Menghangat

Adiyanto | Weekend
Suhu di Semenanjung Antartika Semakin Menghangat

Chilean Air Force / AFP
Semenanjung Antartika

TAHUN 2020 menjadi tahun ‘terpanas’ di Semenanjung Antartika dalam tiga dekade terakhir. Demikian hasil sebuah studi Universitas Santiago de Chile, yang diumumkan Jumat (2/10).

Menurut para peneliti di Pangkalan Frei Angkatan Udara Chile di Pulau King George, antara Januari dan Agustus, suhu di semenanjung itu mencapai antara 2 dan 3 derajat Celcius (35,6 dan 37,4 derajat Fahrenheit), yang merupakan bagian paling utara dari daratan Antartika.

Suhu tersebut "lebih dari 2 derajat Celcius di atas nilai-nilai tipikal," kata pakar iklim Raul Cordero dalam pernyataan yang dikeluarkan oleh Chilean Antarctic Institute (INACH), seperti dikutip AFP, Sabtu (3/10).

"Di ujung paling utara Semenanjung Antartika, suhu maksimum rata-rata sepanjang tahun ini di atas 0 derajat. Ini tidak terjadi selama 31 tahun," tambah Cordero.

Dia menyebut fakta itu mengkhawatirkan, karena bisa menunjukkan bahwa laju cepat pemanasan laut yang diamati di daerah itu pada akhir abad ke-20 sedang berlanjut.

Sebaliknya, suhu musim dingin Belahan Bumi Selatan yang tinggi berbeda dengan yang tercatat antara Agustus dan September, yang mencapai -16,8 derajat Celcius, terendah sejak 1970.

Semenanjung Antartika adalah bagian paling utara Antartika, di mana terdapat pangkalan ilmiah dan militer dari beberapa negara, termasuk Argentina, Cile, dan Inggris. (/M-4)

Baca Juga

123Rf

Hidup Ceria Demi Terhindar Pikun

👤Galih Agus Saputra 🕔Jumat 30 Oktober 2020, 23:42 WIB
Antusiasme dan keceriaan bisa mengurangi risiko anjloknya daya...
Ist

Pengguna Spotify Kuartal Ketiga Naik Menjadi 320 Juta

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 30 Oktober 2020, 22:40 WIB
Pengguna platform streaming musik Spotify naik menjadi 320 juta orang pada kuartal ketiga tahun...
Ilustrasi

Cara Seru Menikmati Libur Panjang Kala Pandemi

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 30 Oktober 2020, 21:00 WIB
Staycation di rumah tetapi bebas dari pekerjaan sehingga mirip seperti liburan sesungguhnya dibandingkan harus menempuh perjalanan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya