Sabtu 03 Oktober 2020, 06:34 WIB

Mike Tyson Rela Kehilangan Rekor Juara Dunia Tinju Termuda

Rifaldi Putra Irianto | Olahraga
Mike Tyson Rela Kehilangan Rekor Juara Dunia Tinju Termuda

AFP/James Gilbert / GETTY IMAGES NORTH AMERICA
Mantan juara tinju kelas berat dunia Mike Tyson

MANTAN juara tinju dunia Mike Tyson mengatakan dirinya tidak takut bila seseorang mampu memecahkan rekor sebagai juara tinju kelas berat termuda yang hingga saat ini masih dipegang olehnya.

Petinju Amerika Serikat (AS) itu mengawali karier profesionalnya saat ia berusia 18 tahun dan resmi menyandang status juara dunia kelas berat termuda pada usia 21 tahun.

Sabuk juara WBC itu didapatkannya setelah menundukkan Trevor Berbick pada 1986 silam lewat TKO di ronde kedua.

Baca juga: Eko Roni Ditantang Juara Tinju Asal Malaysia

Dalam wawancara bersama Menteri Kelautan dan Perikanan di era Kabinet Kerja Susi Pudjiastuti, yang bertajuk “Life Lessons from the Champ”, Tyson mengaku akan menghormati siapa pun yang berhasil memecahkan rekornya itu.

"Rekor ada untuk dipecahkan. Jadi, siapa pun yang akan memecahkan rekor dunia milik saya, saya akan menghormatinya," ucap Tyson, Jumat, (2/10) malam.

Setelah menyabet gelar juara dunia pada usia muda, karier Tyson di dunia tinju berkembang pesat. Hal itu dibuktikan saat ia berhasil menjadi petinju pertama di kelas berat yang secara bersamaan memegang sabuk juara WBA, WBC, dan IBF.

Kepada Susi, Tyson mengatakan dedikasi dan konsistesi selama menjadi petinju adalah kunci dirinya berhasil meraih sederet prestasi.

“Saya meraihnya berkat dedikasi penuh saya ke tinju. Saya tidak punya pacar juga tidak punya banyak teman. Saya mendedikasikan hidup saya sepenuhnya ke tinju,” ujarnya.

Dalam kariernya, Tyson tampil sebanyak 58 kali dengan meraih 50 kemenangan dan 5 kali kalah. Dari 50 kemenangan itu 44 di antaranya diraih lewat TKO.

Berada di puncak karier dunia tinju dengan sejumlah prestasi yang luar biasa, bak roller coaster karier Tyson pun terjun bebas seketika, setelah dirinya terjerat masalah hukum akibat masalah-masalah pribadinya hingga akhirnya dipenjara selama tiga tahun.

Ujungnya, terjadi pada 2005, saat ia menyerah TKO di ronde ketujuh atas Kevin McBride.

Setelah 15 tahun pensiun, petinju berusia 54 tahun itu kini bersiap kembali naik ring untuk pertarungan ekshibisi guna mengumpulkan dana amal. Rencananya, ia akan berhadapan dengan Roy Jones Jr pada 28 November mendatang. (OL-1)

Baca Juga

MI/Widjajadi

Bulutangkis masih Jadi Andalan Raih Medail Emas

👤Widjajadi 🕔Sabtu 31 Oktober 2020, 08:51 WIB
Nasional Paralympic Committee (NPC) Indonesia targetkan medali emas dari cabang bulutangkis di pesta olahraga Paralympic Tokyo...
OZAN KOSE / AFP

Neymar Menepi Hingga Pertengahan November

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 31 Oktober 2020, 05:49 WIB
Striker Paris St Germain, Neymar, bakal menepi hingga usai jeda internasional pada pertengahan November, menyusul cedera yang ia alami...
AFP

November, Panitia Olimpiada Tokyo Buka Refund Tiket Pertandingan

👤Ant 🕔Sabtu 31 Oktober 2020, 00:50 WIB
Sekitar 4,48 juta tiket hingga kini telah terjual untuk Olimpiade Tokyo, dan hampir satu juta tiket untuk ajang Paralimpiade...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya