Sabtu 03 Oktober 2020, 00:35 WIB

Edutech Topang Lompatan PJJ Indonesia

MI | Teknologi
Edutech Topang Lompatan PJJ Indonesia

123RF
Edutech

ADANYA pandemi covid-19 membuat kebutuhan penggunaan teknologi digital untuk pendidikan atau edutech tak bisa lagi dikesampingkan untuk melakukan pembelajaran jarak jauh (PJJ).

“Sekarang mau tak mau belajar harus pakai internet dengan aplikasi biasanya,” ujar Wulan Triyani, mahasiswa Jurusan Sastra Indonesia, Universitas Indonesia.

Semenjak pandemi, beberapa platform atau aplikasi untuk mendukung proses dan kemampuan siswa dan guru bermunculan. Hingga saat ini setidaknya ada belasan aplikasi pembelajaran daring yang dapat diakses gratis oleh siswa dan guru.

Salah satu yang baru saja diluncurkan ialah Lenovo Edvision. Bekerja sama dengan Microsoft, Lenovo Edvision memberikan akses bagi seluruh institusi pendidikan untuk mendapatkan pelatihan atau webinar tentang penggunaan produk teknologi informasi (TI) penunjang proses pembelajaran secara gratis.

General Manager Lenovo Indonesia, Budi Janto, mengungkapkan di dunia pendidikan global sistem pembelajaran jarak jauh menghadapi tantangannya sendiri. Setidaknya 77% siswa merasa kesulitan belajar dari rumah karena proses pembelajaran yang kurang engaging. 

Di sisi lain, 60% pengajar dari seluruh dunia menyatakan belum siap dengan proses ini. “Pendidikan teknologi sangat penting untuk mempersiapkan karier siswa dan ekonomi Indonesia di masa depan. Saat ini, siswa di sekolah akan memasuki dunia karier yang belum terbayangkan, artinya struktur dasar pendidikan juga akan berubah,” ujarnya.

Sebagai mitra dalam program ini, bersama dengan Lenovo dan Microsoft, institusi pendidikan akan mempromosikan dan mendorong adopsi teknologi di ranah pendidikan secara luas. Selain Lenovo Edvision, sebelumnya pemerintah juga telah menjalin kerja sama dengan beberapa platform untuk memaksimalkan sistem PJJ. 

Setidaknya ada 12 aplikasi yang sudah bekerja sama dengan pemerintah Indonesia dan bisa diakses siswa atau guru secara gratis. Beberapa di antaranya ialah Rumah Belajar, Meja Kita, Icando, IndonesiaX, Sekolahmu, dan Google for Education. Masing-masing memiliki berbagai layanan untuk menunjang sistem PJJ.

Pada Google for Education, tersedia layanan menggunakan Chromebooks dan G-Suite yang memungkinkan pembelajaran virtual walaupun dengan konektivitas internet yang rendah. Adapun Rumah Belajar menyediakan fitur seperti Sumber Belajar, Laboratorium Maya, Kelas Digital, Bank Soal, Buku Sekolah Elektronik, Peta Budaya, hingga Karya Bahasa dan Sastra, yang dapat dimanfaatkan oleh guru dan siswa secara gratis.

Sekolahmu menyediakan live streaming mata pelajaran dengan jenjang yang telah disediakan. Umumnya platform atau aplikasi penunjang PJJ menawarkan berbagai pelatihan, kursus, hingga materi pembelajaran siswa sekolah untuk berbagai jenjang.

Pakar teknologi informasi yang juga akademisi, Eko Indrajit, mengatakan, jika melihat perkembangan PJJ yang mendadak bergerak sangat cepat, dapat dikatakan bahwa Indonesia telah masuk pada model pembelajaran kelas dunia.

“Kini, kita bisa setara dengan negara-negara maju lainnya karena model pembelajaran kita sama, yakni menggunakan teknologi. Jadi, ini bisa dikatakan bahwa kita melompat langsung ke PJJ kelas dunia. Pendidikan yang bertransformasi digital,” ujar Eko.

Karena perubahan yang begitu masif dan cepat ini, sistem pembelajaran sudah tidak bisa lagi kembali ke masa lalu, bahkan saat pandemi berakhir. Siswa sudah terbiasa dengan belajar secara daring. Karena itu, tenaga pendidik juga harus senantiasa berupaya mengejar kemampuan dalam bidang TI. (Pro/M-2)

Baca Juga

MI/RAMDANI

WhatsApp Business Luncurkan Tombol yang Mengarahkan ke Katalog

👤Siti Retno Wulandari 🕔Jumat 23 Oktober 2020, 22:39 WIB
WhatsApp pun memberikan fitur tambahan untuk membantu para pelaku bisnis dan konsumen berniaga melalui...
Istimewa

Tokocrypto Resmi Perdagangkan Token Sandbox

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 23 Oktober 2020, 18:39 WIB
SANDBOX kini resmi terdaftar di bursa aset kripto teregulasi di Indonesia, yaitu Tokocrypto. Sandbox adalah token utilitas di bawah...
Bosch Indonesia

Bosch Nexeed Industrial Application System Solusi Saat Pandemi

👤RO 🕔Jumat 23 Oktober 2020, 02:43 WIB
Nexeed Industrial Application System dari Bosch memungkinkan pemantauan lini-lini produksi di sebuah pabrik otomotif tidak perlu lagi...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya