Sabtu 03 Oktober 2020, 07:30 WIB

Easy Bike, Sepeda Listrik Bertenaga Surya Karya Mahasiswa Unpad

Zubaedah Hanum | Humaniora
Easy Bike, Sepeda Listrik Bertenaga Surya Karya Mahasiswa Unpad

Unpad
Sepeda listrik bertenaga surya buatan mahasiswa Unpad.

 

TIGA mahasiswa Universitas Padjadjaran, Mutiara Nawansari, Lutfia Rahmannisa, dan Alamsyah Yahya Nugraha dengan dosen pembimbing Ferry Faizal, PhD mengembangkan gagasan sepeda listrik bertenaga surya berikut stasiun pengisian dayanya.

Sepeda listrik yang menggunakan energi dari matahari itu diberi nama “Easy Bike” dan  diyakini lebih ramah lingkungan dibandingkan sepeda listrik lain yang saat ini beredar di pasaran.

“Di sini kami berupaya membuat charging station sendiri, yang dayanya diambil dari matahari. Jadi kami tidak mengunakan energi fosil,” ungkap Mutiara seperti dikutip dari laman Unpad, Sabtu (3/10).

Selain ramah lingkungan, Mutiara mengungkapkan bahwa Easy Bike juga memiliki akses ke Radio Frequency Identification (RFID), serta memiliki fasilitas GPS dan penghitung kalori.

Penelitian ini berangkat dari inisiasi Student Energy Chapter Unpad sejak tahun 2019, dimana Mutiara dan tim turut berpartisipasi aktif di organisasi tersebut. Dengan demikian, diharapkan penggunaan kendaraan bermotor di dalam kampus dapat dikurangi dan beralih menggunakan kendaraan yang ramah lingkungan.

Namun, kontur kampus Unpad memiliki banyak jalan menanjak, sehingga menjadi tantangan tersendiri bagi mahasiswa yang ingin bersepeda. Untuk itu, diharapkan sepeda listrik ramah lingkungan dapat menjadi solusi.

“Kami pikir, bagaimana caranya ketika naik sepeda tapi tidak capek saat menanjak. Di situ kami tambahkan motor. Ketika capai menggowes, kita nyalakan motornya. Jadi ini solusi untuk Unpad yang konturnya naik turun,” ujar Mutiara.

Dalam penelitiannya, Mutiara dan tim juga menghitung emisi karbon dioksida yang diperkirakan dapat tereduksi jika mahasiswa di kampus Unpad menggunakan sepeda listrik tersebut. Diperkirakan, lebih dari seribu ton karbon dioksida akan tereduksi jika sepeda listrik ini benar-benar diterapkan.

Mereka pun sudah membuat purwarupa sepeda listrik berikut dengan charging station-nya. Pembuatan purwarupa ini juga melibatkan dukungan dari FMIPA Unpad dan Pusat Riset Nanoteknologi dan Graphene (Print-G).

Ke depan, kata Mutiara, prototype Easy Bike ini akan terus disempurnakan dan diharapkan dapat diterapkan di kampus Unpad. Gagasan sepeda listrik tenaga surya ini berhasil meraih juara I Lomba Karya Tulis Ilmiah Tingkat Nasional Kategori Mahasiswa di ajang VOSICO yang digelar Universitas Negeri Malang, Agustus 2020. (H-2)

Baca Juga

Antara/Aprillio Akbar

Agar PJJ Efektif, Guru dan Orang Tua Harus Jalin Komunikasi

👤Atikah Ishmah Winahyu 🕔Kamis 29 Oktober 2020, 15:18 WIB
Sebelum pandemi covid-19, komunikasi guru dengan orang tua cenderung berjalan lancar secara tatap muka. Berbeda saat pandemi di mana...
AFP

Kemenag: 26 Ribu Jemaah Penuhi Syarat Usia Umrah di Masa Pandemi

👤Atikah Ishmah Winahyu 🕔Kamis 29 Oktober 2020, 15:09 WIB
“Ada 26.328 jemaah atau 44% dari mereka yang sudah mendapat nomor registrasi, berusia 18 sampai 50 tahun. Mereka masuk dalam kriteria...
Dok.MI

Muhammadiyah: Perayaan Maulid Nabi Jangan Kumpulkan Banyak Orang

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Kamis 29 Oktober 2020, 14:51 WIB
Mu'ti mengatakan peringatan Maulid Nabi Muhammad pada masa pandemi Covid-19 sebaiknya tidak dilakukan dengan kegiatan seremonial yang...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya