Jumat 02 Oktober 2020, 18:15 WIB

Peran Pemerintah dan Masyarakat Bisa Selamatkan Dunia Usaha

M Ilham Ramadhan Avisena | Ekonomi
Peran Pemerintah dan Masyarakat Bisa Selamatkan Dunia Usaha

MI/Heri Susetyo
Pekerja tengah menyelesaikan sepatu di sebuah pabrik.

 

EKONOM dari Center of Reform on Economics (CORE) Indonesia Piter Abdullah menuturkan, perpanjangan program restrukturisasi kredit dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) akan optimal jika pemerintah dan masyarakat memainkan peran dengan benar.

"Perpanjangan program restrukturisasi kredit yang sudah disanggupi oleh OJK  hanya akan efektif membantu dunia usaha jika pemerintah dan masyarakat sudah memainkan peran menjaga keberlangsungan konsumsi di tengah pandemi," tutur Piter melalui pesan tertulis yang diterima, Jumat (2/10).

Baca juga: Kolaborasi Bantu Dunia Usaha Bertahan di Tengah Pandemi

Ia mengatakan, pemerintah memiliki peran penting dalam menggelontorkan dana melalui program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN). Dana yang dikucurkan pemerintah kepada berbagai sektor sebetulnya dapat menahan dampak tekanan pandemi covid-19.

Dukungan kepada dunia usaha sejatinya, kata dia memang perlu diberikan melalui insentif pajak maupun restrukturisasi kredit. Tujuannya, agar dunia usaha tidak kolaps dan memiliki ruang nafas untuk tetap menjalankan bisnisnya.

"Restrukturisasi kredit hanya bisa dilakukan ketika dunia usaha masih memiliki nafas, masih bisa beroperasi walaupun dalam keterbatasan di tengah pandemi," ujarnya.

Di saat yang sama pemerintah diharapkan mampu menahan penurunan konsumsi masyarakat agar tidak jatuh lebih dalam lagi. Itu dapat dilakukan melalui bantuan sosial kepada masyarakat menengah ke bawah untuk mengungkit daya beli.

Hal lainnya ialah pemerintah juga diharapkan mampu membangun keinginan masyarakat menengah ke atas yang saat ini menahan konsumsinya. Ini bisa dilakukan dengan gelontoran insentif konsumsi seperti pembebasan Pajak Pertambahan Nilai (PPN) beberapa produk seperti mobil baru.

"Masyarakat diharapkan juga mau bangkit beradaptasi dengan kondisi yang serba sulit di tengah pandemi. Masyarakat dituntut untuk tidak saja patuh dan disiplin melaksanakan protokol kesehatan, tetapi juga untuk tetap optimis, menjalani kehidupan mengadaptasi kebiasaan baru tanpa kekhawatiran berlebihan," kata Piter.

Dia bilang, bila pemerintah dan masyarakat dapat memainkan peranan itu, otomatis dunia usaha akan terselamatkan dan terhindar dari ancaman gulung tikar (Mir/A-1)

 

Baca Juga

Ciputra Group

Serah Terima Unit, Pengembang Terapkan Protokol Kesehatan Ketat

👤Heryadi 🕔Rabu 28 Oktober 2020, 13:12 WIB
Serah terima unit apartemen pengembang di Ciputra Group dilakukan dengan tetap mengikuti protokol kesehatan sesuai anjuran Pemprov DKI...
Antara/Ari Bowo Sucipto

Bangun Talenta Kaum Muda

👤Despian Nurhidayat 🕔Rabu 28 Oktober 2020, 11:28 WIB
Daya saing pemuda Indonesia harus kuat sebagai generasi pemimpin masa depan serta andal dan unggul di negeri sendiri dan...
MI/Akhmad Safuan

UU Cipta Kerja Bidang Pelayaran Tingkatkan Daya Saing Kemaritiman

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 28 Oktober 2020, 10:19 WIB
Laksamana TNI (Purn) Prof. Dr. Marsetio, menyebut UU Cipta Kerja Bidang Pelayaran akan mampu mempercepat kemajuan di sektor...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya