Jumat 02 Oktober 2020, 15:15 WIB

Pandemi Memaksa Semua Orang Berinovasi

Wisnu AS | Humaniora
Pandemi Memaksa Semua Orang Berinovasi

DOK CIAS
.

 

PANDEMI yang tengah kita alami saat ini memaksa semua orang untuk berinovasi. Pembatasan sosial berskala besar melahirkan berbagai keterbatasan serta perubahan perilaku masyarakat. Kita harus menemukan cara-cara baru dalam bekerja, berkarya, dan menjalankan usaha. Demikian pula dalam belajar, bersosialisasi, dan beribadah.

“Kita tidak punya pilihan selain mencari cara-cara baru. Kita dipaksa untuk kreatif, untuk berinovasi. Sayangnya banyak yang tidak tahu caranya. Itulah alasan kami menyelenggarakan CIAS Innovation Week 2020. Kami hadir untuk membantu mereka belajar dan berlatih melakukan inovasi di pekerjaan, bisnis, dan kehidupan mereka,” jelas Dr Indrawan Nugroho, CEO dan Co-founder CIAS.

CIAS Innovation Week 2020 diselenggarakan oleh CIAS (Corporate Innovation Asia) pada 25 hingga 27 September 2020 secara online menggunakan platform Hopin. Event spesial ini ditujukan bukan hanya untuk para inovator di perusahaan, tapi juga dibuka untuk umum agar supaya seluruh lapisan masyarakat Indonesia dapat belajar dan berlatih inovasi bersama-sama secara gratis.

Ada dua agenda utama yang dihadirkan dalam CIAS Innovation Week 2020, yaitu sharing session dan mentoring session. Dalam sharing session, peserta mendapatkan ilmu dan wawasan dari para konsultan CIAS terkait cara membangun budaya dan kapabilitas inovasi, cara memupuk perilaku inovatif, cara menjadi pemimpin yang inovatif, menjalankan projek inovasi secara agile, menjual ide, mengukur perilaku inovatif, gamifikasi inovasi di perusahaan, hingga strategi otomasi di pekerjaan.

Pada saat mentoring session, peserta berkesempatan berlatih dengan dipandu langsung oleh para trainer dan coach CIAS. Aktivitasnya meliputi latihan teknik memancing kreativitas tim, memulai kebiasaan kreatif, menyusun rencana projek agile, melakukan elevator pitch, mengukur perilaku inovatif, mengidentifikasi potensi otomasi, hingga menggunakan perangkat digital untuk kolaborasi. Uniknya, walaupun dilakukan secara online, event yang dihadiri lebih dari 1.000 peserta ini tetap terasa seperti menghadiri event konferensi offline biasanya.

Selain adanya main stage dan kelas-kelas kecil yang interaktif, peserta juga bisa saling membangun jejaring dengan fitur networking. Setiap peserta akan dipasangkan secara acak dengan peserta lain oleh sistem untuk bisa saling  berkenalan.

Peserta juga bisa melihat-lihat booth digital untuk mengeksplorasi beragam produk dan layanan yang dimiliki oleh CIAS. Salah satu peserta yang hadir, Julianita Berliany, Learning and Development Jr Manager di PT Trans Retail Indonesia, mengatakan, “Saya mendapatkan ilmu yang luar biasa di CIAS Innovation Week 2020. Sangat banyak insights dan inspirasi yang saya peroleh yang akan saya terapkan di perusahaan saya." (RO/OL-14)

Baca Juga

Antara

Jokowi Minta Harga Vaksin Mandiri Terjangkau

👤Insi Nantika Jelita 🕔Senin 26 Oktober 2020, 19:54 WIB
Pemerintah berupaya bergerak cepat untuk melakukan penanganan pandemi Covid-19 dengan pengadaan...
DOK UGM

GeNose C19 Masuk Tahap Uji Diagnostik

👤Agus Utantoro 🕔Senin 26 Oktober 2020, 19:29 WIB
Usai menjalani uji diagnostik, GeNose C19 akan masuk tahap produksi yang dijadwalkan pada akhir...
Dok MI

Bapeten Gandeng UI Gelar Seminar Keamanan dan Keselamatan Nuklir

👤Abdillah M Marzuqi 🕔Senin 26 Oktober 2020, 18:10 WIB
Pemanfaatan tenaga nuklir harus memenuhi tingkat keselamatan dan keamanan serta sefeguard sesuai dengan ketentuan dan persyaratan yang...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya