Jumat 02 Oktober 2020, 15:55 WIB

Jelang Musim Hujan, Tiga Desa di Kuningan Malah Kekeringan

Nurul Hidayah | Nusantara
Jelang Musim Hujan, Tiga Desa di Kuningan Malah Kekeringan

Antara/Yusuf Nugroho
Kekeringan menyebabkan krisis air bersih disejumlah daerah.

 

SEJUMLAH desa di Kabupaten Kuningan, Jawa Barat sudah mulai mengalami kekurangan air bersih. Distribusi air bersih dilakukan untuk warga yang membutuhkan.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kuningan, Indra Bayu, menjelaskan saat ini ada 3 desa yang tersebar di dua kecamatan di Kabupaten Kuningan yang sudah mengalami krisis air bersih. Masing-masing Desa Cileuya di Kecamatan Cimahi serta Desa Sukasari dan Cihanjaro di Kecamatan Karangkancana. "Ada 762 kepala keluarga (KK) yang terdampak," ungkap Indra, Jumat (2/10).

Kekurangan air bersih ini menurut Indra sudah terjadi sejak September 2020. Penyebabnya karena kemarau yang berdampak pada mengeringnya sumur atau mata air yang ada di sekitar lingkungan warga.

"Kami juga sudah mendistribusikan bantuan air bersih secara rutin," ungkap Indra. Untuk Desa Cileuya dan Desa Sukasari, bantuan air bersih yang sudah didistribusikan mencapai 15 ribu liter. Sedangkan untuk Desa Cihanjaro sudah mencapai 20 ribu liter.

Sementara itu berdasarkan catatan 2019, sedikitnya ada 19 desa yang mengalami kekurangan air bersih di Kabupaten Kuningan. Dari data Pusdalops BPBD Kabupaten Kuningan, 19 desa tersebut diantaranya Desa Cihanjaro, Simpayjaya, Sukasari, Segong, Cileuya, Cimahi, Jambugeulis, Baok, Ciwaru, Partawangunan, Kalimanggis Wetan, Kertawana, Legok, Cibulan, Cihideung Girang, Mekarjaya, Bendungan, Cipedes dan Sukarasa. (OL-13)

Baca Juga: Kekeringan Melanda Sejumlah Wilayah

Baca Juga

MI/Martinus Solo

Sebanyak 2020 KPM di Maybrat Terima Bansos PKH

👤Martinus Solo 🕔Jumat 30 Oktober 2020, 08:51 WIB
Sebanyak 2020 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Kabupaten Maybrat, Papua Barat akan menerima bantuan sosial berupa beras dari Program...
MI/Gabriel Langga

Pelaku UMKM di Sikka Terbantu Dana LPDB

👤Gabriel Langga 🕔Jumat 30 Oktober 2020, 08:42 WIB
Program pemerintah yang digulirkan melalui Lembaga Pengelola Dana Bergulir (LPDB) melalui Kementerian Koperasi dan UMKM sangat membantu...
MI/Heri Susetyo

Warga Keluhkan Bau Busuk di TPS Pergudangan Safe N Lock

👤Heri Susetyo 🕔Jumat 30 Oktober 2020, 07:12 WIB
TPS  tersebut awalnya hanya untuk pembuangan sampah kering seperti kardus dan plastik. Namun kemudian banyak sampah basah ikut...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya