Jumat 02 Oktober 2020, 15:00 WIB

Mahfud MD: DKI tidak Ada Pilkada tapi Juara Penyebaran Covid-19

Andhika Prasetyo | Politik dan Hukum
Mahfud MD: DKI tidak Ada Pilkada tapi Juara Penyebaran Covid-19

MI/SUSANTO
Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan

 

MENTERI Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan Mahfud MD menyampaikan data yang menurutnya unik. Berdasarkan temuan Satgas Penanganan Covid-19, daerah-daerah yang menyelenggarakan pilkada serentak justru mengalami penurunan status zonasi dalam sepekan terakhir.

Dari 309 kabupaten/kota yang menghelat kampanye, sebanyak 45 dari mereka pada dua pekan lalu berstatus zona merah. Sepekan berselang, tinggal 29 daerah yang bertahan di zona merah.

Di sisi lain, wilayah-wilayah yang tidak menyelenggarakan pilkada mengalami kenaikan status kewaspadaan yakni dari 25 menjadi 33 daerah. "Seperti di DKI Jakarta dan Aceh yang tidak ada pilkada justru angka infeksinya tinggi. DKI Jakarta selalu menjadi juara satu tertinggi penularannya," ujar Mahfud dalam konferensi pers di Kementerian Dalam Negeri, Jakarta, Jumat (2/10).

Dari data itu, ia mengartikan bahwa tingkat penyebaran covid-19 bukan ditentukan oleh ada atau tidaknya pilkada di daerah tersebut. Penyebaran lebih disebabkan oleh rendahnya tingkat kedisiplinan masyarakat.

"Dari hasil evaluasi pekan pertama, kerawanan itu tidak terletak pada daerah itu ada pilkada atau tidak tapi pada kedisiplinan masyarakat dalam melaksanakan protokol kesehatan," tandas Mahfud. (P-2)

Baca Juga

ANTARA FOTO/Galih Pradipta

Sempat Terjadi Kericuhan, Demo Omnibus Law Berakhir Tertib

👤Rahmatul Fajri 🕔Selasa 20 Oktober 2020, 20:54 WIB
Aksi itu dapat diredam setelah personel Marinir membujuk dan mengawal massa untuk membubarkan...
Antara

Dilobi Presiden, NU Kukuh Tolak RUU Ciptaker

👤Emir Chairullah 🕔Selasa 20 Oktober 2020, 20:05 WIB
Namun demikian, ungkap Ketua Umum PBNU Said Aqil Siraj, pihaknya tetap menggunakan jalur konstitusional untuk melakukan...
Antara

Aktivis '98 Ingatkan BEM-SI Waspadai Penumpang Gelap

👤Selamat Saragih 🕔Selasa 20 Oktober 2020, 19:55 WIB
TOKOH aktivis '98, Wahab Talaohu, mengingatkan Aliansi Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM-SI) mewaspadai adanya penumpang...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya