Jumat 02 Oktober 2020, 14:05 WIB

Kinerja Ekspor Batik Berkibar di Tengah Pandemi

Insi Nantika Jelita | Ekonomi
Kinerja Ekspor Batik Berkibar di Tengah Pandemi

ANTARA/Ari Bowo Sucipto/pras
PARADE BATIK: Sejumlah perempuan mengikuti parade untuk memperingati Hari Batik Nasional di depan pasar Karangploso, Malang, Jawa Timur.

 

MENTERI Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita melaporkan naiknya volume ekspor batik di tengah lesunya perdagangan global akibat pandemi covid-19.

Jika dibandingkan dengan nilai ekspor batik hingga semester pertama di 2019 yang mencapai US$17,99 juta, di kurun waktu Januari hingga Juli 2020 sudah mencapai US$21,54 juta, dengan pasar ekspor utama ke Jepang, Amerika Serikat, dan Eropa.

"Fenomena ini cukup unik karena pasar ekspornya bisa meningkat di saat masa pandemi covid-19. Usaha membuka pasar-pasar baru tingkat global diharapkan bisa membantu kembali menggairahkan kinerja industri batik Indonesia," jelas Agus dalam Peringatan Hari Batik Nasional secara virtual, Jakarta, Jumat (2/10).

Berdasarkan data Kementerian Perindustrian, sambungnya, saat ini industri batik mencapai 47.000 unit dan tersebar di 101 sentra.

"Hampir semuanya dalam skala industri kecil. Namun produk batik berperan dalam perolehan devisa negara, meski kebanyakan digunakan untuk pemenuhan kebutuhan dalam negeri," terang Agus.

Selain merupakan warisan budaya bangsa, lanjutnya, batik juga merupakan komoditi industri yang cukup penting.

"Industri tersebut dinilai mempunyai daya jual besar dalam penciptaan nilai tambah, perdagangan, besaran investasi, dampak terhadap industri lainnya, serta kecepatan penetrasi pasar," papar Agus.

Ia menambahkan, batik yang merupakan bagian dari industri tesktil dan busana, menjadi salah satu sektor prioritas dalam implementasi Peta Jalan Making Indonesia 4.0 dengan tetap mempertahankan nilai-nilai keunggulannya.

"Tak bisa dipungkiri, bahwa setiap perkembangan teknologi selalu menjanjikan kemudahan, efisiensi, serta peningkatan produktifitas," kata Agus. (E-2)

Baca Juga

MI/ M Ilham Al Machmudi

Pemasaran Tol Laut Perlu Ditingkatkan

👤M Iqbal Ramadhan 🕔Kamis 22 Oktober 2020, 08:45 WIB
Pada awal Oktober sendiri Lognus 6 berhasil mengangkut 150 TEUs dari Kepulauan Maluku Utara ke...
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra

Angkasa Pura II Hemat Rp1,8 T selama Pandemi

👤Insi Nantika Jelita 🕔Kamis 22 Oktober 2020, 08:31 WIB
Fasilitas yang digunakan di bandara disesuaikan dengan pergerakan penumpang sehingga penetapan pola operasional ini memungkinkan bandara...
AFP/David Gray

Harga Emas Melonjak 14 Dolar Saat Optimisme Bantuan Covid-19 di AS

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 22 Oktober 2020, 07:47 WIB
Optimisme investor meningkat bahwa paket bantuan virus korona AS akan diumumkan sebelum pemilihan presiden 3 November, memicu naiknya harga...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya