Jumat 02 Oktober 2020, 05:47 WIB

Wapres Ajak DPD RI Sukseskan Pilkada Serentak

Sru/Ind/Ant/P-2 | Politik dan Hukum
Wapres Ajak DPD RI Sukseskan Pilkada Serentak

MI/Adam Dwi
Wakil Presiden Ma'ruf Amin.

 

WAKIL Presiden RI Ma’ruf Amin mengajak Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI menyukseskan pelaksanaan pilkada serentak dengan puncaknya pemungutan suara 9 Desember mendatang. Dukungan DPD RI akan mendorong keberhasilan pesta demokrasi tanpa mengorbankan kesehatan masyarakat di tengah pandemi covid-19.

Ajakan itu disampaikan Wapres saat menyampaikan pidato secara daring, memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-16 DPD RI, kemarin.

Ma’ruf juga berterima kasih dan memberikan apresiasikepada DPD atas kerja sama selama ini secara harmonis dan sinergis. Ia menyebutkan DPD memiliki peran penting dan strategis dalam memajukan daerah.

Terlebih dalam kondisi saat ini, daerah perlu menjalankan arahan Presiden Joko Widodo dalam disiplin menjalankan protokol kesehatan.

DPD yang melekat dengan daerah bisa memengaruhi para tokoh dan pemimpin daerah untuk mengoptimalkan penanggulangan covid-19. “Masyarakat daerah tentu lebih menerima dari tokoh masyarakatnya untuk selalu mematuhi kedisiplinan protokol kesehatan,” tutur Wapres.

Dalam pidato di acara yang sama, Ketua DPD AA La Nyalla Mahmud Mattalitti menyerukan penguatan kelembagaan untuk memperkuat perjuangan DPD dalam mewujudkan aspirasi daerah.

La Nyalla menjelaskan DPD ingin menegaskan kewenangannya sesuai dua putusan MK yaitu Nomor 92/PUU-X/2012 dan Nomor 79/PUU-XII/2014. Putusan itu di antaranya menyatakan DPD berhak mengajukan dan membahas secara penuh seperti yang dimaksud dalam Pasal 22D Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945. DPD juga memiliki kewenangan dalam menyusun Program Legislasi Nasional (Prolegnas).

“Oleh karena itu, ke depan DPD akan terus membangun interaksi politik antarlembaga negara, khususnya antara pemerintah dan DPR. Saat ini, hubungan kelembagaan tersebut sudah semakin baik, tecermin dari mulai dilibatkannya DPD dalam pembahasan Prolegnas dan pembahasan beberapa RUU secara tripartit antara DPR, DPD, dan pemerintah pada setiap tahun sidang,” imbuh La Nyalla, kemarin.

Pada hari yang sama, gedung parlemen yang ditempati MPR, DPR, dan DPR RI resmi mendapatkan perlindungan asuransi. Sekjen DPR Indra Iskandar menandatangani kerja sama itu dengan PT Asuransi Jasa Indonesia (Jasindo). DPR menjadi lembaga kedua setelah Kementerian Keuangan yang mengambil polis perlindungan gedung sebagai aset negara. (Sru/Ind/Ant/P-2)

Baca Juga

ANTARA FOTO/Galih Pradipta

Sempat Terjadi Kericuhan, Demo Omnibus Law Berakhir Tertib

👤Rahmatul Fajri 🕔Selasa 20 Oktober 2020, 20:54 WIB
Aksi itu dapat diredam setelah personel Marinir membujuk dan mengawal massa untuk membubarkan...
Antara

Dilobi Presiden, NU Kukuh Tolak RUU Ciptaker

👤Emir Chairullah 🕔Selasa 20 Oktober 2020, 20:05 WIB
Namun demikian, ungkap Ketua Umum PBNU Said Aqil Siraj, pihaknya tetap menggunakan jalur konstitusional untuk melakukan...
Antara

Aktivis '98 Ingatkan BEM-SI Waspadai Penumpang Gelap

👤Selamat Saragih 🕔Selasa 20 Oktober 2020, 19:55 WIB
TOKOH aktivis '98, Wahab Talaohu, mengingatkan Aliansi Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM-SI) mewaspadai adanya penumpang...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya