Jumat 02 Oktober 2020, 04:00 WIB

Kementerian Sosial Bantu Korban Bencana

PS/LD/BB/BK/YH/OL/N-2 | Nusantara
Kementerian Sosial Bantu Korban Bencana

ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi
Seorang perempuan berada di rumah yang atapnya rusak akibat diterjang angin puting beliung di Desa Badrain, Lombok Barat, kemarin.

 

PERUBAHAN musim dari kemarau ke penghujan berdampak pada kejadian bencana. Di Langkat, Sumatra Utara, rumah 87 keluarga di Kecamatan Hinai menjadi korban angin puting beliung.

Nasib mereka ternyata mendapat perhatian dari Kementerian Sosial. Kemarin, bantuan bahan bangunan rumah senilai Rp466 juta diserahkan untuk korban.

“Dari 102 keluarga yang diusulkan, kami melakukan verifikasi dan validasi. Kami dapati 87 keluarga yang harus dibantu Kementerian Sosial karena rumah mereka rusak berat,” ujar Direktur Perlindungan Sosial Korban Bencana Alam Kemensos, Muhammad Safii Nasution.

Penyaluran dana dilakukan be­kerja sama dengan Bank Mandiri. “Sistem penyaluran bantuan secara nontunai sehingga langsung ke re­kening korban,” tambah Safii.

Di Langkat, Kementerian Sosial berencana membangun dua kampung siaga bencana. “Kemensos sudah membentuk 773 kampung siaga bencana di Indonesia,” lanjut Safii.

Kemarin, angin kencang juga dilaporkan terjadi di Desa/Kecamatan Cipari, Cilacap, Jawa Tengah. “Musim pancaroba tiba. Sudah waktunya masyarakat waspada,” kata Kepala Pelaksana Harian BPBD Cilacap Tri Komara Sidhy memperingatkan.

Di Cianjur, Jawa Barat, BPBD menyiagakan 1.800 relawan tangguh bencana. “Mereka diharapkan bisa menjadi garda terdepan di setiap desa dan kelurahan guna mengantisipasi kejadian bencana,” ujar Sekretaris BPBD Mochammad Irfan Sofyan.

Sementara itu, di Pesisir Selatan, Sumatra Barat, intensitas hujan sudah semakin tinggi. Pjs Bupati Mardi menyatakan saatnya waspada karena kondisi itu bisa dimanfaatkan pelaku pembalakan liar untuk beraksi.

“Wilayah kita berdampingan dengan hutan produksi, hutan lindung, dan Taman Nasional Kerinci Seblat. Pembalakan liar akan menyebabkan bencana tanah longsor, banjir, dan kekeringan,” tandasnya. (PS/LD/BB/BK/YH/OL/N-2)

Baca Juga

Antara/Mohammad Ayudha

Penutupan Pasar Pasar Harjodaksino Diperpanjang

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 27 Oktober 2020, 05:00 WIB
Pemkot Surakarta berencana mengadakan tes usap massal yang diikuti oleh para...
cikwan

Karawang Berdayakan Satgas di Lingkungan Industri

👤 (CS/AT/N-2) 🕔Selasa 27 Oktober 2020, 04:25 WIB
YERRY Yanuar memberikan perhatian lebih terhadap penanggulangan pandemi di lingkungan...
ANTARA/ANDREAS FITRI ATMOKO

Genose C-19 UGM Masuk Tahap Uji Diagnostik

👤(AU/Aiw/H-1) 🕔Selasa 27 Oktober 2020, 04:20 WIB
ALAT deteksi cepat gejala covid-19 ciptaan tim Universitas Gadjah Mada, Genose (Gadjah Mada Electronic Nose) C-19 mulai memasuki tahap uji...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya