Kamis 01 Oktober 2020, 11:46 WIB

Kedubes Korsel Gelar Peringatan Gaecheonjeol Secara Daring

M. Iqbal Al Machmudi | Internasional
Kedubes Korsel Gelar Peringatan Gaecheonjeol Secara Daring

Dok Kedubes Korsel
Undangan peringatan Hari Kebangsaan Nasional (Gaecheonjeol) 2020.

 

KEDUTAAN Besar Korea Selatan (Korsel) untuk Indonesia akan mengadakan perayaan Hari Kebangsaan Nasional (Gaecheonjeol) 2020 selama 3 hari, yakni pada 2-4 Oktober 2020.

"Mengingat pandemi covid-19 yang masih belum berakhir, keseluruhan acara tersebut akan digelar secara virtual melalui platfrom media sosial Instagram Kedutaan Besar Republik Korea yakni @koremb.idn," kata Kepala Korean Cultural Center (KCC) Kim Yongwoon dalam keterangan tertulis, Rabu (30/9).

Acara tersebut akan dihadiri Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali, Ketua Asosiasi Warga Korea di Indonesia Park Jae-han, Pelatih Timnas Sepak Bola Indonesia Shin Tae-yong, dan Penyanyi Indonesia Rossa.

Baca juga: DPR AS Paksa Perusahaan Ungkapkan Produk Asal Xinjiang

Perayaan Hari Kebangsaan Nasional Korsel pada tahun ini mengangkat tema 'Berjuang Bersama'. Tema tersebut dipilih seiring dengan harapan Korsel dan Indonesia akan dapat bersama-sama mengatasi pandemi covid.

"Instagram dipilih sebagai sarana untuk mengunggah beragam konten yang dibuat Kedutaan Besar Republik Korea dan beberapa lembaga/instansi terkait karena masyarakat Indonesia dipandang sangat aktif dalam penggunaan media sosial tersebut," ujarnya.

Berbeda dengan perayaan yang biasa dilaksanakan di sebuah hotel dengan tamu undangan dalam jumlah terbatas, acara perayaan Hari Kebangsaan Nasional Korsel 2020 ini pertama kali digelar secara virtual melalui media sosial. Hal itu dinilai sebagai upaya baru yang luar biasa.

Dengan demikian, perhelatan tahun ini diharapkan dapat memberikan kesempatan kepada Kedutaan Besar Korsel untuk membangun komunikasi yang lebih erat dengan warga Korea dan masyarakat Indonesia.

Selain itu, perhelatan yang dilaksanakan di tengah pandemi covid-19 tahun ini justru dapat mengikutsertakan masyarakat secara luas karena dilangsungkan secara virtual.

Perayaan Hari Kebangsaan Nasional Korsel 2020 ini diharapkan dapat menjadi ajang persahabatan. Kedutaan Besar Korsel berharap acara tahun ini dapat menjadi media untuk mempromosikan sejumlah capaian dan potensi kerja sama antara Korsel dan Indonesia.

Masyarakat juga dapat berpartisipasi dalam event kali ini. Kedutaan Besar Korsel sedang mengadakan Instagram Hashtag & Reposting Event, mulai 30 September 2020 sampai dengan 4 Oktober 2020. Selain itu, Instagram Story Quiz Event selama 2 sampai 4 Oktober 2020.

Gaecheonjeol atau Hari Kebangsaan Nasional Korea Selatan dirayakan setiap 3 Oktober. Hari libur nasional ini memperingati pendirian kerajaan pertama di Korea bernama Gojoseon oleh Dangun yang menurut perhitungan kalender solar terjadi pada 3 Oktober 2333 SM. (OL-1)

Baca Juga

Kerem Yucel / AFP

Jumlah Kasus Covid-19 di AS Lampaui 9 Juta

👤 Nur Aivanni 🕔Sabtu 31 Oktober 2020, 08:09 WIB
AS kini telah mencatat 9.007.298 kasus. Pada Kamis, negara itu mencatat rekor infeksi harian baru, yakni lebih dari 91.000 dalam 24...
KADOBNOV / AFP

Moskow Siapkan Vaksinasi Saat Rusia Kekurangan Dokter

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 31 Oktober 2020, 06:59 WIB
Ibu kota Rusia itu sedang menciptakan jaringan besar ruang vaksinasi khusus untuk 2.500 orang berisiko tinggi, terutama dokter dan guru...
AFP/ODD ANDERSEN

EU Desak WHO Lebih Transparan Dalam Penanganan Pandemi

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 31 Oktober 2020, 06:43 WIB
Uni Eropa (EU) mendesak WHO segera dirombak, agar lebih kuat menangani pandemi dan membuka kekurangan negara-negara anggotanya dalam...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya