Kamis 01 Oktober 2020, 07:21 WIB

Pemerintah Gelontorkan Bansos Beras Untuk 10 Juta KPM

Supardji Rasban | Humaniora
Pemerintah Gelontorkan Bansos Beras Untuk 10 Juta KPM

MI/Supardji Rasban
Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy saat kunjungan kerja ke Bulog Brebes, Rabu (30/9/2020)

 

SEBANYAK 117.618 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan (PKH) Kabupaten Brebes Jawa Tengah, bakal menerima bantuan beras dari Kementerian Sosial . Bantuan tersebut sudah tersedia di gudang Bulog Cimohong di Kecamatan Bulakamba Brebes, dan secepatnya akan disalurkan.
     
Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy saat menyerahkan bantuan beras Bansos menyampaikan bantuan sosial berupa beras tersebut merupakan tambahan yang diberikan kepada para KPM PKH dalam program Jaring Pengaman Sosial (JPS) untuk mengurangi dampak Covid-19.
     
"Sesuai Instruksi Presiden Joko Widodo, beras ini disalurkan guna meringankan beban masyarakat terutama para KPM PKH dalam menghadapi wabah virus korona atau Covid 19," ujar Muhadjir, Rabu (30/9).

Muhadjir menyebut, tiap KPM PKH menerima 15 kilogram per-bulan dan akan diberikan selama tiga bulan berturut turut. Untuk seluruh Indonesi dialokasikan sebanyak 10 juta KPM PKH sedangkan untuk Kabupaten Brebes sebanyak 117.618 PKM PKH
     
"Brebes menjadi penerima terbanyak bila dibandingkan dengan daerah lain, makanya saya langsung cek ke sini," ungkapnya.
    
Menteri langsung mengecek kualitas beras yang akan dibagikan, dan sudah sesuai dengan ketentuan serta layak untuk dibagikan. 

"Beras yang dibagikan merupakan produk petani lokal Brebes yang sudah terkenal pulen dan enak," puji Muhadjir.

baca juga: Forum Kakao Minta Petani Bireuen Tingkatkan Kualitas Biji 
     
Selain menyerahkan bantuan beras, Menko PMK juga menyerahkan secara simbolis bantuan paket sembako dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Brebes. Paket sembako yang bersumber dari Kemensos itu juga akan diberikan kepada 500 orang penerima se-Kabupaten Brebes. Menko PMK mengingatkan, bahwa dunia akan mengalami krisis pangan akibat Pandemi Covid-19. Sehingga langkah-langkah ketahanan pangan harus dilakukan bersama. 

"Semangat menanam dan berjuang dalam dunia pertanian harus terus digelorakan, termasuk pemberian bantuan kepada masyarakat terdampak Covid-19 terus dilakukan," katanya.

Sebelumnya, Menko PMK juga mengunjungi RSUD Brebes untuk memberikan Alat Pelindung Diri (APD) bagi Tenaga Kesehatan. Menteri mengunjungi poli pendaftaran, poli paru, dan selanjutnya menyerahkan bantuan pakaian hazmat sebanyak 1.000 pcs dan masker jenis KN 95 sebanyak 2.500 pcs dari pusat krisis Kemenkes RI. (OL-3)
 

Baca Juga

Ist

AKM Memacu Guru Perbaiki Mutu Pembelajaran di Kelas

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 20 Oktober 2020, 21:24 WIB
Dengan Asesmen Kompetensi Minimal (AKM) dan Survei Karakter (SK), guru akan termotivasi untuk memperbaiki mutu proses...
Antara

Menag Ajak Ormas Menggerakan Wakaf Uang

👤Atikah Ishmah Winahyu 🕔Selasa 20 Oktober 2020, 20:46 WIB
Fachrul menjelaskan, wakaf uang juga memiliki prospek sebagai salah satu pilar mewujudkan visi Indonesia sebagai pusat pertumbuhan ekonomi...
ANTARA/Muhammad Iqbal

Kasus Covid-19 Hari ini Tambah 3.602

👤Suryani Wandari Putri Pertiwi 🕔Selasa 20 Oktober 2020, 20:35 WIB
Kasus aktif merupakan pasien yang masih terinfeksi virus korona dan mengidap covid-19. Mereka bisa menjalani perawatan di rumah sakit atau...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya