Kamis 01 Oktober 2020, 05:00 WIB

Gaya Hidup Masa Depan Utamakan yang Berkelanjutan

Ata/H-1 | Humaniora
Gaya Hidup Masa Depan Utamakan yang Berkelanjutan

ANTARA/Adnan
Sejumlah pekerja memisahkan sampah gelas plastik bekas air kemasan yang layak daur ulang.

 

VISI gaya hidup masyarakat ke depan sudah seharusnya mengarah pada prinsip sustainable atau berkelanjutan yang jika tidak dilakukan dapat menyebabkan bencana lingkungan. Salah satunya ialah tidak meng­onsumsi barang-barang kebutuhannya yang mengandung unsur plastik berlebihan.

“Kalau kita tidak berpikir sustainability, mungkin kehidupan bisa shut down karena memang terjadi persoalan-persoalan lingkungan atau menyebabkan terjadinya bencana lingkung­an,” kata Direktur Pengelolaan Sampah Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Novrizal Tahar pada acara konferensi pers virtual Garnier Green Beauty di Jakarta, kemarin.

Prinsip gaya hidup keberlanjutan, menurut dia, sudah menjadi visi dari Indonesia dan salah satu gaya hidup berkelanjutan. KLHK juga sudah mengeluarkan Peraturan Menteri LHK Nomor P.75/MenLHK/Setjen/Kum.1/10/2019 tentang Peta Jalan Pengurangan Sampah oleh Produsen.

Di peta jalan tersebut mengatur tiga jenis produsen yaitu manufaktur, ritel serta jasa makanan dan minuman untuk pengurangan sampah produk atau kemasan berbahan plastik, alumunium, kertas, dan kaca.

Dalam kesempatan itu, Novri­zal memuji langkah Garnier untuk mengurangi, memilah dan mendaur ulang sampah dengan skema sistem penjemputan secara online dan offline. Ia berharap langkah tersebut menjadi inspirasi dan stimulan bagi produsen lain untuk mengurangi sampah produk atau kemasan mereka.

Selain perusahaan, ia juga mendorong perubahan dalam perilaku konsumen karena yang dilakukan konsumen dapat memengaruhi produsen untuk memilih visi yang berkelanjutan.

General Manager Consumer Products Division L’Oreal Indonesia, Manashi Guha pada acara tersebut menjelaskan upaya mendaur ulang sampah dengan sistem online dan offline ini akan menjadi pedoman untuk mengedukasi dan membantu konsumen memiliki pilihan yang berkelanjutan dalam kehidupan sehari-hari. Sekaligus memberikan dampak positif bagi masa depan Indonesia.(Ata/H-1)

Baca Juga

ANTARA

Krisdayanti Tetap Mendoakan Anaknya

👤MI 🕔Senin 26 Oktober 2020, 03:15 WIB
ANGGOTA DPR dan penyanyi Krisdayanti (KD), 45, mengakui anaknya, Aurel Hermansyah, tidak pernah bicara kepadanya soal rencana...
ANTARA/FAKHRI HERMANSYAH

Awas Klaster Banjir dan Libur Panjang

👤Suryani Wandari Putri Pertiwi 🕔Senin 26 Oktober 2020, 02:44 WIB
Selain di pengungsian, klaster baru penularan covid-19 dikhawatirkan muncul tatkala masyarakat merayakan cuti...
Antara/Anis Efizudin

Asesmen Nasional Diharapkan tidak Picu Kegaduhan Publik

👤Syarief Oebaidillah 🕔Senin 26 Oktober 2020, 00:24 WIB
Pemerintah diminta mempersiapkan Asesmen Nasional dengan matang dan mengoptimalkan sosialisasi. Sehingga, tidak ada kegaduhan di tengah...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya