Rabu 30 September 2020, 20:11 WIB

Konsumen Bakal Terbantu Memilih Produk dengan Logo Baru Ini

Retno Hemawati | Humaniora
Konsumen Bakal Terbantu Memilih Produk dengan Logo Baru Ini

MI/Retno Hemawati
Webinar bertajuk Cara Cerdas Memilih Produk Pangan dengan Logo “Pilihan Lebih Sehat”, Rabu (30/9).

 

Sejalan dengan komitmen dalam menggunakan potensi makanan untuk meningkatkan kualitas hidup setiap individu, saat ini dan untuk  generasi mendatang, hari ini Nestlé Indonesia mempersembahkan produk  minuman siap konsumsi, yaitu Milo UHT, Dancow UHT, dan Bear Brand, yang sudah mendapat persetujuan Badan Pengawas Obat dan Makanan  (BPOM) untuk  mencantumkan logo “Pilihan Lebih Sehat".

Selama masa pandemi, masyarakat mulai menempatkan perhatian khusus terhadap gaya hidup yang lebih sehat, salah satunya dengan menjaga pola makan dan asupan gizi.

Dengan banyaknya pilihan produk pangan yang beredar di pasaran,  konsumen sering  bingung untuk menentukan pilihan produk pangan guna  memenuhi kebutuhan gizi baginya, serta membatasi asupan gula, garam, dan lemak.

“Membaca label gizi pada kemasan merupakan salah satu solusi dalam membantu konsumen untuk lebih cerdas dalam memilih produk pangan yang sesuai dengan kebutuhan tubuh dan mengetahui seberapa besar sumbangan zat gizi tertentu yang berasal dari produk panganyang kita konsumsi. Dalam keseharian, pemenuhan asupan gizi seimbang secara teratur akan memberi manfaat bagi kesehatan tubuh kita secara umum, dan selanjutnya dapat mendukung produktivitas kita,” jelas Dr. Rimbawan dari Departemen Gizi Masyarakat Institut Pertanian Bogor, dalam webinar bertajuk Cara Cerdas Memilih Produk Pangan dengan Logo “Pilihan Lebih Sehat”, Rabu (30/9).

Dalam upaya membantu konsumen Indonesia lebih bijak memilih produk  pangan, Badan POM mengeluarkan peraturan  Nomor 22 Tahun 2019  tentang Informasi Nilai Gizi pada Label Pangan, yang salah satunya  mengatur pencantuman logo “Pilihan Lebih Sehat”.

Dengan adanya logo “Pilihan Lebih Sehat” konsumen bisa lebih mudah memilih suatu produk pangan dibandingkan dengan produk pangan lain  yang sejenis, dengan  tetap  dikonsumsi dalam jumlah yang wajar.

Dalam sesi diskusi ini, Presiden Direktur Nestlé Indonesia, Ganesan  Ampalavanar juga menyampaikan, "Pengetahuan tentang pemenuhan gizi seimbang serta pembatasan asupan gula, garam, dan lemak di Indonesia merupakan sebuah masalah yang membutuhkan perhatian kita semua, dan  kami sangat mendukung upaya pemerintah untuk mendorong konsumen agar dapat memilih pangan yang lebih sehat."

Ibu inspiratif Donna Agnesia, berbagi pengalamannya pada sesi webinar. “Di samping menjadikan olah raga sebagai hobi, saya dan suami  mencoba mengenalkan gaya hidup sehat pada anak-anak dengan mengonsumsi  makanan dan minuman bergizi seimbang. Sekarang, dengan adanya logo “Pilihan Lebih Sehat” di produk pangan, kami sebagai konsumen menjadi lebih mudah memilih produk pangan yang kandungannya sesuai dengan rekomendasi dibandingkan produk pangan lain yang sejenis dan dapat membantu pemenuhangizi seimbang keluarga,” tutur Donna. (OL-12)

Baca Juga

ANTARA/Yulius Satria Wijaya

Hari ini Kasus Sembuh Covid-19 Bertambah 3.985 Orang

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Kamis 29 Oktober 2020, 18:00 WIB
Uji pemeriksaan tersebut dilakukan menggunakan metode polymerase chain reaction (PCR) di 265 laboratorium serta tes cepat molekuler (TCM)...
MI/Ramdani

Duduk Lama Karena Work From Home, Waspadai Muncul Wasir

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 29 Oktober 2020, 17:29 WIB
Angka tersebut menunjukkan bahwa selama masa pandemi dan semua orang melakukan WFH masyarakat lebih banyak menghabiskan waktunya hanya...
AFP

Ini Penjelasan Asteroid 2018 VP1 yang Melintas Dekat Bumi

👤Atikah Ishmah Winahyu 🕔Kamis 29 Oktober 2020, 16:36 WIB
Pada 2 November 2020 mendatang, Asteroid 2018 VP1 akan melintas di dekat bumi pada pukul 18.33 WIB dengan jarak 0,0028 satuan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya