Rabu 30 September 2020, 15:30 WIB

UMKM Perlu Dukungan Swasta untuk Go Digital

Mediaindonesia.com | Ekonomi
UMKM Perlu Dukungan Swasta untuk Go Digital

ANTARA/SYAIFUL ARIF
Ikhwan Erwantoro (68), melakukan proses finishing kerajinan lambang negara Garuda Pancasila di Desa Diwek, Kabupaten Jombang, Jawa Timur.

 

DI masa pandemi seperti saat ini, peran usaha kecil, mikro, dan menengah (UMKM) memang sangat penting untuk menopang perekonomian nasional. Sayangnya banyak UMKM yang gulung tikar selama selama pandemi ini lantaran masih menganut manajemen tradisional.

Itu sebabnya berbagai kebijakan terus dilakukan pemerintah untuk mempercepat UMKM go digital. Antara lain dengan refocusing terhadap program pelatihan di lingkungan kementerian  Koperasi dan UKM.

Baca juga: Pemerintah Targetkan 50% UMKM Go Digital pada 2024

Meski begitu tentu saja pemerintah tidak bisa bekerja sendiri. Perlu keterlibatan swasta untuk membantu para pelaku UMKM go digital. Berangkat dari situ, Visa berkolaborasi dengan Shopee dan Blibli mendorong penggunaan dan penerimaan pembayaran digital demi mendukung bisnis daring UKM di Indonesia.

Salah satu bentuk kolaborasi itu yakni dengan menawarkan diskon voucher hingga 30% bagi UKM saat berbelanja di kedua e-commerce itu dengan menggunakan Visa.  
"Kolaborasi menjadi kunci dalam sinergi upaya-upaya menstabilkan perekonomian, khususnya memperkuat pilar usaha kecil dan mikro. Sebagai penyedia jaringan pembayaran, kami berkomitmen untuk menghadirkan pengalaman pembayaran yang aman dan lancar bagi konsumen e-commerce, serta membantu UMKM beradaptasi dengan cara baru dalam mengelola dan mengembangkan bisnis mereka, memastikan para pelaku ekonomi utama ini dapat kembali bangkit dan pulih,” ujar Presiden Direktur PT Visa Worldwide Indonesia, Riko Abdurrahman dalam siaran persnya, Rabu (30/9).

“Kami senang dengan kolaborasi ini, khususnya di Indonesia yang pertumbuhan e-commerce-nya  begitu besar. Kanu akan terus memperbarui semua aspek platform demi bersama-sama mengembangkan ekosistem ekonomi digital melalui inovasi serta membuka akses yang lebih luas bagi semua jenis bisnis untuk dapat bertumbuh. Di situasi sekarang, kami senang dapat memfasilitasi para pelaku UKM mempromosikan berbelanja," tambah Direktur Shopee, Christin Djuarto.

Senada,  Vice President Public Relations Blibli Yolanda Nainggolan juga mengaku senang menjadi bagian dalam program dukung UMKM. "Inisiatif tersebut sejalan dengan upaya berkelanjutan kami mendorong transformasi digital di industri UKM dan merealisasikan masyarakat nontunai di Indonesia. Kami juga berbagi visi yang sama dalam mengedepankan sinergi antar pemangku kepentingan untuk mendukung bisnis UKM dan mengakselerasi pemulihan ekonomi di Indonesia di tengah pandemi covid-19."

Melalui kampanye tersebut, kata Riko lagi, pihaknya fokus membantu UMKM dan mempromosikan perdagangan digital, serta mendorong pertumbuhan ekonomi, melalui sejumlah prioritas. Di antaranya pemberdayaan pelaku usaha digital, mendorong pembayaran digital, dan memberikan insentif agar konsumen terdorong untuk berbelanja produk dalam negeri. (RO/A-1)

Baca Juga

MI/Eva Pardiana

Pertamina Kembangkan Bisnis dengan Empat Program Utama

👤Insi Nantika Jelita 🕔Jumat 30 Oktober 2020, 11:09 WIB
PT Pertamina mengembangkan inovasi bisnis untuk memperluas pelayanan energi dengan empat program...
Antara

509 Ribu Kendaraan Tinggalkan Jakarta

👤Insi Nantika Jelita 🕔Jumat 30 Oktober 2020, 11:01 WIB
PT Jasa Marga (Persero) Tbk mencatat sebanyak 509.140 kendaraan meninggalkan Jakarta pada periode tiga hari libur cuti bersama dan Maulid...
Antara

Dukung Program PEN, PPI Tingkatkan Nilai Produk UMKM

👤Heryadi 🕔Jumat 30 Oktober 2020, 10:52 WIB
PPI mengamati perkembangan UMKM, dan mendukung produk yang dihasilkan dengan memberikan inovasi-inovasi agar meningkatkan nilai ekonomi...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya