Rabu 30 September 2020, 15:35 WIB

Dispute Klaim Layanan Pasien Covid-19 hanya bisa Dua Kali

Atalya Puspa | Humaniora
Dispute Klaim Layanan Pasien Covid-19 hanya bisa Dua Kali

Antara
Prosedur klaim pasien covid-19 dimulai dari pengajuan rumah sakit yang diverifikasi oleh BPJS Kesehatan, Kemenkes, dan dinkes.

 

KLAIM biaya perawatan pasien covid-19 terus dipercepat untuk tetap menjaga cashflow (arus kas) dan mutu layanan rumah sakit. Salah satu masalah yang mendapat sorotan Kementerian Kesehatan adalah penyelesaian dispute.

"Dispute hanya diperbolehkan 2 kali untuk 1 (satu) nomor pengajuan klaim dan diberikan waktu maksimal 7 (tujuh) hari kalender sejak dinyatakan dispute bagi rumah sakit untuk melengkapi berkas yang dipersyaratkan," tegas Plt Dirjen Pelayanan Masyarakat Kementerian Kesehatan Kadir, Rabu (30/9).

Dispute klaim adalah ketidaksepakatan antara BPJS Kesehatan dengan fasilitas kesehatan atas klaim tersebut berdasarkan berita acara pengajuan klaim. Ada dua jenis dispute, koding dan medis.

Seperti diketahui, prosedur klaim dimulai dari pengajuan klaim oleh rumah sakit, pengajuan tersebut kemudian diverifikasi oleh BPJS Kesehatan, Kemenkes, dan Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota.

Apabila terjadi dispute maka BPJS Kesehatan akan memverifikasi lagi klaim yang diajukan setelah rumah sakit melakukan perbaikan terhadap kelengkapan syarat yang dipersyaratkan.

Jika masih dispute (yang kedua kali) maka hasil verifikasi dispute tersebut ditarik lagi secara otomatis oleh Kemenkes untuk dilakukan penetapan dispute penyelesaian).

Penetapan dispute oleh Yankes dengan status diterima/dibayar atau status ditolak akan dilakukan penyesuaian pada status klaim di BPJS Kesehatan secara otomatis. (H-2)

Baca Juga

ANTARA/Fakhri Hermansyah

Empat Jurus Pelindung Mata saat Pandemi

👤 Atikah Ishmah Winahyu 🕔Rabu 21 Oktober 2020, 16:09 WIB
Setiap 20 menit alihkan pandangan dari layar komputer dengan memandang benda berjarak 20 kaki (6 meter) selama 20...
Antara/Hafidz Mubarak A

Progres Jakarta International Stadium Capai 31,89%

👤Hilda Julaika 🕔Rabu 21 Oktober 2020, 15:41 WIB
JIS juga dibangun dengan memperhatikan setiap detail aspek yang berlaku dalam tatanan nilai standar...
Istimewa

Marine Aquagriculture: Pertanian Modern Berbasis Air Laut

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 21 Oktober 2020, 15:35 WIB
ISU ketahanan pangan menjadi sentral hampir di semua negara tak ayal, semua negara seakan berlomba melakukan inovasi teknologi dalam...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya