Rabu 30 September 2020, 14:48 WIB

Serikat Petani Kelapa Sawit Hadir di Kalimantan Tengah

mediaindonesia.com | Ekonomi
Serikat Petani Kelapa Sawit Hadir di Kalimantan Tengah

Ist
Petani kelapa sawit di Kabupaten Kotawaringin Barat dan Seruyan, Kalteng, mendeklarasikan terbentuknya SPKS (Serikat Petani Kelapa Sawit)

 

PETANI kelapa sawit di Kabupaten Kotawaringin Barat dan Seruyan, Kalteng, mendeklarasikan terbentuknya SPKS (Serikat Petani Kelapa Sawit) di Kalimantan Tengah, Minggu (27/9).

Deklarasi di laksanakan di Pangkalanbun, Kobar dan dihadiri petani kelapa sawit, dinas perkebunan, Sekjen SPKS Nasional dan Yayasan Inovasi Bumi.

Sekjen SPKS, Mansuetus Darto menyatakan SPKS akan menjadi mitra strategis bagi pemerintah kabupaten untuk mendukung inisiatif kabupaten dalam membangun sertifikasi jurisdiksi. Hal itu dapat dilakukan melalui pelatihan bagi petani, pembangun kelembagaan petani dan pemetaan serta fasilitasi legalitas kebun petani.

“Masalah petani sawit di Kalimantan Tengah, hampir sama dengan petani sawit di provinsi lain, yaitu masih miskin dan harga TBS lebih rendah dari harga ketetapan pemerintah. Selain itu, ada juga masalah petani sawit dalam hutan produksi. Ini merupakan tantangan bagi kabupaten dalam mewujudkan pembangunan berkelanjutan,” kata Darto.

Kepala Dinas Tanaman Pangan, Pertanian dan Perkebunan Kobar, Kamaludin Bustami mendukung pendirian SPKS di kabupatennya.

“SPKS kami sudah masukkan dalam working group setifikasi kelapa sawit berbasis Jurisdiksi dan sudah dibuatkan surat keputusan oleh Bupati Kotawaringin Barat,” katanya.

Dalam deklarasi ini, terpilih Jaka Suherman dari Seruyan dan Arif Mansyur Rosyadi dari Kobar. Mereka dipilih melalui musyawarah petani kelapa sawit di masing-masing kabupaten dan di lantik oleh Sekjen SPKS Nasional dalam deklarasi.

Kedua pimpinan SPKS kabupaten ini akan memperjuangkan visi kesejahteraan dan keberlanjutan sebagaimana yang diharapkan oleh semua petani kelapa sawit dan pemerintah.

Fadly Fadilah dari Yayasan Inobu menyatakan dengan hadirnya SPKS di Kalimantan Tengah diharapkan petani kelapa sawit dapat terorganisir secara baik. 

Selain itu, SPKS menjadi representasi petani kelapa sawit dalam pembangunan Kabupaten Berkelanjutan melalui pendekatan sertifikasi jurisdiksi. Inobu merupakan mitra SPKS untuk mendukung pemberdayaan petani di Kabupaten Seruyan dan Kabupaten Kotawaringin Barat, Kalteng. (OL-09)

 

Baca Juga

Antara

Penumpang Membludak, 1.900 Orang Rapid Test di Stasiun

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Selasa 27 Oktober 2020, 13:57 WIB
Bertambahnya penumpang KA jelang libur panjang turut berdampak pada padatnya antrean tes rapid di...
Antara

Food Estate Diutamakan di Lahan Mineral

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Selasa 27 Oktober 2020, 13:52 WIB
Pengembangan food estate untuk memperkuat cadangan pangan nasional diutamakan pada lahan mineral. Jika di lahan gambut, pengembangan food...
Ist

Di New Normal, SDM Harus Siap Hadapi Revolusi Industri 4.0

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 27 Oktober 2020, 13:52 WIB
Sekjen Kemenaker mengatakan SDM atau tenaga kerja harus siap dan mampu menghadapi tantangan perubahan revolusi industri...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya