Rabu 30 September 2020, 14:30 WIB

Pesona Porang Terang Benderang

Benny Bastiandy | Nusantara
Pesona Porang Terang Benderang

MI/JOHN LEWAR
TANAM PORANG : Sejumlah petani di Desa Wae Masa, Kecamatan Mbliling Man, Manggarai Barat, NTT, berada di tengah kebun porang.

 

POTENSI porang sangat menjanjikan. Sejumlah petani milenial berhasil mengembangkan dan melakukan ekspor ke sejumlah negara, dengan harga tinggi.

Porang adalah tanaman umbi-umbian dari spesies Amorphophallus muelleri. Komoditas ini digunakan untuk bahan baku tepung, kosmetik, penjernih air, lem dan jelly. Jepang merupakan salah satu negara yang memanfaatkannya dalam jumlah besar.

Tidak salah jika pesona porang ini membuat Desa Sindangasih, Kecamatan
Karangtengah, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, kesengsem. "Kami sedang mencoba membudidayakan porang. Sementara ini hanya sampel. Kalau berhasil, kami akan memberdayakan masyarakat untuk bersama-sama menanam porang," kata Kepala Desa Sindangasih, Epul Saepuloh, Rabu (30/9)

Untuk uji coba, porang ditanam di lahan seluas 1 hektare di tanah carik milik desa. Epul mengakui porang memiliki nilai ekonomis cukup tinggi. "Mudah-mudahan berhasil. Nanti bisa untuk menambah pendapatan desa," pungkasnya. (N-2)

JUDUL : Setelah Tomat dan Cabai Merah, Harga Bawang Juga Anjlok di Pidie

 

Baca Juga

Dok. Polri

Kakorlantas Bakal Adopsi Pengembangan Program TAR Tulungagung

👤Yakub Pryatama Wijayaatmaja 🕔Kamis 29 Oktober 2020, 01:42 WIB
TAR yang terkoneksi dengan Dukcapil serta face recognition tersebut akan membuat petugas mengetahui rekam jejak sejarah seseorang yang akan...
DOK MI

Warga Kota Sukabumi Diimbau tidak Bepergian saat Libur Panjang

👤Benny Bastiandy 🕔Kamis 29 Oktober 2020, 00:45 WIB
Peningkatan kasus baru di Kota Sukabumi akhir ini terjadi pada klaster keluarga. Kondisi itu juga lantaran tak sedikit dipicu perjalanan ke...
DOK MI

Pemkab Subang akan Lakukan Tes Covid-19 kepada Pengunjung Sariater

👤Reza Sunarya 🕔Kamis 29 Oktober 2020, 00:10 WIB
Satgas covid-19 Subang akan melakukan rapid tes dan swab tes secara acak kepada para wisatawan yang berkunjung ke objek...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya