Rabu 30 September 2020, 14:00 WIB

Astronom Temukan Tiga Danau Air Asin di Mars

MI Weekend | Weekend
Astronom Temukan Tiga Danau Air Asin di Mars

Dok. ilustrasi Nasa
Tiga danau bawah tanah dengan kandungan air asin yang cukup banyak telah ditemukan di Mars.

PENEMUAN jejak air di Planet Mars memang bukan baru. Namun penelitian terbaru yang telah dipublikasikan di jurnal Nature Astronomy mengungkapkan fakta baru yang cukup mencengangkan.

Para astronom menemukan tiga danau bawah tanah yang memiliki kandungan air cukup banyak. Dilansir Fox News, Selasa (29/9), tiga danau itu berada di dekat Ultimi Scopuli, atau kutub selatan mars dan mengandung air asin. 

Elena Pettinelli, salah satu penulis penelitian menjelaskan bahwa penemuan tiga danau itu merupakan pengembangan dari penemuan badan air yang stabil di Mars pada 2018. Pada penelitian lanjutan ini mereka tidak hanya mengkonfirmasi posisi, luas, dan intensitas reflektor yang telah teridentifikasi dalam studi sebelumnya, tetapi juga menemukan tiga danau tadi. 

Ketiga danau itu berukuruan sekitar 6 mil dan berada sekitar 12 mil dari danau yang ditemukan pada 2018. Tiga danau ini dinilai berpotensi menjadi rumah bagi kehidupan mikroba, yang keberadaannya selama ini diketahui di embun beku dalam kondisi ekstrim. 

Sekelompok peneliti lainnya menyimpulkan pada bulan Januari 2020 bahwa air di planet Mars mengandung bahan yang tepat untuk mendukung kehidupan. Pada bulan lalu, peneliti lain menemukan keberadaan molekul orgnaik yang konsisten dengan kehidupan. NASA baru saja meluncurkan penjelajahan ‘Perseverance’ ke planet Mars, dan pada saat di planer merah para penjelajah akan melakukan berbagai fungsi yang berbeda, termasuk mencari bukti kehidupan purba. (Yulia Kendriya Putrialvita/M-1)

Baca Juga

Unsplash/ Alex Haney

Risiko Kesehatan Atlet Esport Jadi Perhatian Dokter

👤Nyeri punggung, leher, pergelangan tangan, dan keluhan mata, sering dilaporkan atlet esport. 🕔Sabtu 31 Oktober 2020, 18:50 WIB
Galih Agus...
123RF

Saat Sakit, Hewan ini Otomatis Jaga Jarak Sosial

👤Irana 🕔Sabtu 31 Oktober 2020, 15:15 WIB
Hewan malam ini sejatinya ialah hewan yang tinggal di koloni dan sangat...
Unsplash/ Macau Photo Agency

Blue Moon Langka Akan Muncul Malam Ini

👤Bagus Pradana 🕔Sabtu 31 Oktober 2020, 14:30 WIB
Di Indonesia, penampakan blue moon sudah bisa dilihat sejak pukul 21:15...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya