Rabu 30 September 2020, 12:36 WIB

Positif Covid-19, Azimeraw Absen dari Maraton London

Rifaldi Putra Irianto | Olahraga
Positif Covid-19, Azimeraw Absen dari Maraton London

worldathletics.org
Pelari Ethiopia Degitu Azimeraw

PELARI jarak jauh Ethiopia Degitu Azimeraw, yang memenangkan Maraton Amsterdam 2019, akan absen dari perlombaan Maraton London yang dijadwalkan digelar Minggu, (4/10) waktu setempat.

Atlet berusia 21 tahun itu terpaksa absen dari Maraton London setelah dirinya dinyatakan positif covid-19 berdasarkan hasil tes.

Azimeraw yang tampil menakjubkan pada debut jarak jauhnya, Oktober lalu, dengan catatan waktu 2 jam 19,26 menit itu sejatinya berharap dapat menantang pemegang rekor dunia asal Kenya Brigid Kosgei dalam perlombaan yang diadakan di Sirkuit Bio-secure di St James's Park London.

Baca juga: Ketua KONI Minta Pembinaan Olahraga Diprogram Ulang

Namun, ia dinyatakan positif covid-19 dan tidak dapat bergabung dalam satu-satunya maraton musim gugur yang digelar di tengah pandemi covid-19.

Direktur Maraton London Hugh Brasher mengatakan kegiatan ini akan dijalankan dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat.

Bahkan, pihaknya menciptakan teknologi yang akan dikenakan seluruh pihak yang terlibat mulai atlet hingga anggota staf untuk memastikan physical distancing dapat selalu terlaksana. Teknologi itu nantinya akan memberi peringatan jika ada yang melanggar physical distancing.

Teknologi itu juga dapat melacak dengan siapa pengguna melakukan kontak agar memudahkan tracking bila ditemukan adanya pengguna yang terpapar covid-19.

"Kami telah nenpelajari semua yang kami lihat dari kejuaraan olahraga lain, seperti Formula 1 dan kami telah melakukan segala yang kami bisa untuk melindungi keselamatan para Atlet," kata Basher.

"Ini adalah bagian dari dunia baru yang kita tinggali, kami sangat senang dapat menggelar acara ke-40 tahun ini," tuturnya.

Maraton London tahun ini mundur beberapa bulan dari rencana awal karena pandemi covid-19 dan dibatasi dengan diikuti sejumlah atlet profesional saja.

Namun, sebanyak 45.000 pelari non-profesional dapat mengikuti Maraton London secara virtual. Balapan ini juga nantinya tidak akan dihadiri oleh penonton. (LondoMarathon/OL-1)

Baca Juga

Dok. KONI Pusat

Bahas Kelanjutan Kompetisi, KONI Pusat Temui Petinggi Polri

👤Akmal Fauzi 🕔Rabu 21 Oktober 2020, 17:20 WIB
Olahraga prestasi di Indonesia terhenti sejak pandemi Covid-19 mewabah. Praktis kompetisi olahraga berhenti total sejak bulan Maret...
Ilustrasi

Dua Calon Ketum PBSI Sudah Ambil Formulir Pendaftaran

👤Dero Iqbal Mahendra 🕔Rabu 21 Oktober 2020, 17:16 WIB
Ketua Tim Penjaringan Calon Ketua Umum PBSI Adi Sukarno mengkonfirmasi saat ini telah ada dua calon kandidat yang telah mengambil formulir...
Ashley Landis-Pool/Getty Images/AFP

Indiana Pacers Resmi Tunjuk Bjorkgren Sebagai Pelatih Kepala

👤┬áRifaldi Putra Irianto 🕔Rabu 21 Oktober 2020, 16:03 WIB
Bjorkgren merupakan asisten pelatih Toronto Raptors selama dua musim terakhir, bersama Bjorkgren, Raptors sukses menjadi juara NBA...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya