Rabu 30 September 2020, 12:32 WIB

Pabrikan Otomotif Ini Luncurkan Armada Khusus Kawasan Bencana

Galih Agus Saputra | Weekend
Pabrikan Otomotif Ini Luncurkan Armada Khusus Kawasan Bencana

DANIEL ROLAND / AFP
Salah satu mesin prototipe Nissan

Usai sepuluh tahun lalu meluncurkan kendaraan listrik berpintu belakang, Leaf, Nissan kini kembali merilis versi terbaru dari konsep peraih penghargaan World Car of The Year 2011 itu dengan berbagai macam penyesuaian. Konsep terbaru yang kini dinamai Nisan Re-Leaf tersebut, dirancang khusus sebagai kendaraan tanggap darurat bencana alam.

Nissan Re-Leaf dirancang sebagai pembangkit listrik cadangan yang dapat dibawa ke mana saja ketika suatu daerah ditimpa bencana, seperti gempa bumi dan tsunami. Meski baru dibuat dalam bentuk purwarupa, pabrikan otomotif asal Jepang itu tidak menampik kemungkinan Re-Leaf akan diproduksi secara massal, dan mengikuti kondisi geografis di masing-masing daerah pemesan.

"Bertindak sebagai pembangkit listrik portabel, generasi terbaru Nissan Leaf e+ dilengkapi dengan baterai berkapasitas 62 kilowatt/jam (kWh). Apabila terisi penuh, kendaraan ini dapat mencukupi kebutuhan listrik rumah tangga selama enam hari," tutur Nissan dalam sebuah keterangan yang dilansir Dailymail.co.uk. Rabu, (30/9).

Sebagai armada pemulih kawasan terdampak bencana, Re-Leaf juga dilengkapi berbagai macam perlengkapan. Beberapa di antaranya peranti pendukung ventilator medis untuk perawatan intensif, lampu LED 100 watt, linggis pneumatik elektrik, hingga drone yang dapat diterbangkan di sejumlah titik saat proses evakuasi korban.  Nissan Re-Leaf juga dilengkapi colokan listrik tahan cuaca yang dipasang di bagian luar kendaraan. Colokan ini memungkinkan pengguna untuk menyalurkan daya sebesar 110 hingga 230 volt yang berasal dari baterai kendaraan.

satu unit Re-Leaf. Meski demikian, mereka sudah memberi bocoran bahwa biaya untuk peralatan tambahan pada kendaraan ini dapat mencapai £ 50.000 (Rp. 874.555.875). Sebelumnya, harga satu unit kendaraan Nissan Leaf di pasaran mencapai £26.845 hingga £36.395 atau tergantung model yang diinginkan pelanggan. (M-4)

Baca Juga

Dok. Everyday is a Lullaby

Everyday is a Lullaby Tayang Perdana di Busan

👤Fathurrozak 🕔Rabu 21 Oktober 2020, 21:06 WIB
Film karya Putrama Tuta itu jadi satu-satunya perwakilan Indonesia di ajang BIFF...
Unsplash/ Harshal S Hirve

Ini Cara Masak yang Tidak Merusak Antioksidan Jamur

👤Galih Agus Saputra 🕔Rabu 21 Oktober 2020, 15:45 WIB
Memasak menggunakan microwave atau dengan dipanggang adalah paling...
Dok. Instagram @minikinofilmweek

Untung Rugi Festival Film Daring

👤Fathurrozak 🕔Rabu 21 Oktober 2020, 14:45 WIB
Meski penyelanggara dapat menekan bujet, festival daring butuh sistem yang baik untuk menjaga keamanan hak siar...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya