Rabu 30 September 2020, 09:54 WIB

DPRD Minta Ada Kesepakatan Antarkepala Daerah Terkait PSBB

Hilda Julaika | Megapolitan
DPRD Minta Ada Kesepakatan Antarkepala Daerah Terkait PSBB

ANTARA/Hafidz Mubarak A
Warga yang melanggar aturan pemberlakuan PSBB dihukum menyapu usai terjaring Operasi Tertib Masker di kawasan Kota Tua, Jakarta.

 

SELAMA pembatasan sosial berskala besar (PSBB) Jilid II, banyak warga DKI Jakarta yang mencari hiburan ke wilayah penyangga atau Bodetabek. Hal itu disayangkan banyak pihak.

Menurut Anggota DPRD DKI Jakarta Fraksi PDI-P Gilbert Simanjuntak harus ada kesepakatan antara Gubernur atau Kepala Daerah masing-masing wilayah.

"Harus dilihat seperti apa isi kesepakatan antara gubernur dan kepala daerah sekitar. Klausul dalam kesepakatan harus dipertegas," kata Gilbert saat dikonfirmasi, Rabu (30/9).

Baca juga: Wagub Akui Warga DKI Cari Hiburan di Daerah Penyangga

Gilbert pun menyayangkan tindakan warga DKI ini. Menurutnya, hal ini disebabkan rendahnya kesadaran masyarakat. Padahal, ia mengasumsikan mereka adalah masyarakat kelompok terdidik dan menengah. Selain itu, hal itu bisa terjadi lantaran masih kurangnya pengawasan.

"Ini sangat disayangkan, kesadaran masyarakat yang rendah (asumsi saya ini terdidik dan menengah) dan pengawasan yang kurang. Sampai kapan mereka berkorban untuk sektor kesehatan dan ekonomi," kritiknya.

Sementara itu, jika dibentuk kebijakan khusus yang mengatur pergerakan warga DKI untuk mencari hiburan dan makan ke Bodetabek dinilai sulit dilakukan.

Bahkan dalam penerapannya sulit efektif. Sehingga yang perlu dilakukan adalah Pemerintah di Bodetabek harus tegas menutup tempat hiburan atau restoran yang melanggar protokol kesehatan.

"Bodetabek harus tegas menutup restoran yang melanggar," pungkasnya. (OL-1)

Baca Juga

Ilustrasi

Edarkan Sabu, Oknum Polresta Bandara Soetta Ditangkap

👤Sumantri 🕔Sabtu 31 Oktober 2020, 23:45 WIB
Anggota Polresta Bandara Soekarno Hatta, Aiptu Arn yang diduga mengedarkan sabu di Kota Tangerang dibekuk petugas Polsek Tangerang di...
MI/Fransisco Carolio Hutama Gani

Sah! UMP DKI Naik 3,27% Jadi Rp4,4 Juta

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Sabtu 31 Oktober 2020, 22:58 WIB
Dengan mempertimbangkan dan menjunjung tinggi rasa keadilan, Pemprov DKI Jakarta menetapkan kebijakan asimetris untuk UMP Tahun...
Antara/Rivan Awal Lingga

Jakarta Raih STA 2021, Transjakarta Teruskan Sistem Integrasi

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Sabtu 31 Oktober 2020, 21:34 WIB
Selain Transjakarta, harapan integrasi yang lebih baik tentunya semakin terlihat jelas dengan hadirnya 'Mass Rapid Transit' atau...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya