Rabu 30 September 2020, 06:34 WIB

Debat Presiden AS Tanpa Kerumunan dan Jabat Tangan

Faustinus Nua | Internasional
Debat Presiden AS Tanpa Kerumunan dan Jabat Tangan

AFP/SAUL LOEB
Persiapan panggung debat calon presiden AS di Cleveland, Ohio, Amerika Serikat.

 

PRESIDEN Amerika Serikat (AS) Donald Trump dan penantangnya dari Partai Demokrat Joe Biden akan naik ke panggung untuk yang pertama dari tiga debat presiden pada Rabu (30/9) WIB tanpa jabat tangan tradisional dan menjaga jarak untuk mematuhi protokol covid-19.

Debat kepresidenan biasanya merupakan malam-malam paling menarik dalam musim kampanye, menarik kerumunan ribuan staf, media, dan tamu. Tapi, tahun ini, sangat berbeda dengan daftar panjang tindakan pencegahan yang sudah disiapkan.

Debat presiden AS yang pertama 'cenderung paling banyak ditonton', kata profesor Matthew Dallek

Baca juga: Hampir 280 Ribu Pelajar AS Terinfeksi Covid-19

Alih-alih pengaturan auditorium yang biasa, debat ini diselenggarakan oleh Klinik Cleveland dan Universitas Case Western Reserve di atrium seluas 2.500 meter persegi di Paviliun Sheila dan di Kampus Pendidikan Kesehatan klinik. Eric Samson, pembawa acara debat asli, mundur karena pandemi.

Atrium, dengan atap skylighted, telah diubah menjadi ruang debat darurat dengan panggung dan karpet merah. Sementara kursi sebagian besar ditempatkan tepat di samping satu sama lain.

Baris juga telah diberi jarak dan tanda telah ditempatkan di dua dari setiap tiga kursi yang bertuliskan, "Terima kasih karena tidak duduk di sini untuk menjaga jarak sosial."

Hal itu menyisakan ruang untuk sekitar 100 orang, semuanya akan diperiksa dan harus memakai masker bedah. Sementara, Trump dan Biden tidak perlu memakai masker.

Setiap kandidat diberi 20 tiket untuk dibagikan kepada para tamu, kata kepala staf Gedung Putih Mark Meadows.

Di luar mereka yang menonton debat yang disiarkan televisi, konfrontasi biasanya menarik beberapa ribu orang, termasuk tamu, sponsor, donor, dan media nasional dan internasional, mengambil nuansa festival.

Biasanya ada pusat arsip media besar dan tenda makanan, bahkan taman bir. Dan setelah debat, pendukung dari masing-masing kandidat biasanya masuk ke pusat pers.

Meskipun ada pusat pengarsipan media di Cleveland di sebuah ballroom dekat tempat tersebut, suasananya terasa jauh dari hiruk pikuk Selasa sore, dengan sedikit wartawan di tempat. Dan hanya mereka yang mengenakan gelang abu-abu yang menunjukkan bahwa mereka dinyatakan negatif virus yang diizinkan masuk.

Di luar, tidak ada demonstrasi besar-besaran, hanya petugas keamanan yang memblokir jalan-jalan di sekitar gedung sebelum kedatangan para kandidat dan helikopter berdengung di atas kepala.

Seorang pria terlihat mengemudi di sekitar tempat acara dengan truk pickup yang memiliki model papier-mache kepala Trump di dalam kotak, bersama dengan bendera pro-Biden dan tanda bertuliskan, "203.000 MATI" dari covid-19 dan "Trump mengecewakan kami." (France24/OL-1)

Baca Juga

AFP/Johannes EISELE

PBB Batalkan Pertemuan Tatap Muka Setelah Staf Terkena Korona

👤Nur Aivanni 🕔Rabu 28 Oktober 2020, 11:39 WIB
Presiden Majelis Umum PBB Volkan Bozkir mengatakan bahwa layanan medis PBB merekomendasikan pembatalan sambil menunggu pelacakan kontak...
AFP

Pfizer Sebut Vaksin Covid-19 Masih Mungkin Tersedia di Tahun 2020

👤Nur Aivanni 🕔Rabu 28 Oktober 2020, 11:00 WIB
Pfizer mengatakan bahwa pihaknya bisa memiliki data pada bulan Oktober, yang mungkin telah memajukan proses menjelang pemilihan presiden...
AFP/Michal Cizek

Langgar Protokol Kesehatan, Menkes Rep Ceko Dipecat

👤Basuki Eka Purnama 🕔Rabu 28 Oktober 2020, 10:43 WIB
Menteri Kesehatan Rep Ceko Roman Prymula, pekan lalu, tertangkap kamera meninggalkan sebuah restoran yang seharusnya sedang tutup...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya