Selasa 29 September 2020, 23:30 WIB

Upaya Cegah Longsor Tarakan, Membuat Saluran Air hingga Reboisasi

mediaindonesia.com | Politik dan Hukum
Upaya Cegah Longsor Tarakan, Membuat Saluran Air hingga Reboisasi

ANTARA FOTO/FACHRURROZI
Seorang warga mencari harta benda yang masih bisa diselamatkan setelah rumahnya hancur terkena tanah longsor di Tarakan

 

PENJABAT sementara Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara) Teguh Setyabudi akan menjalin kerja sama dengan Pemkot Tarakan guna mencegah terjadinya bencana tanah longsor yang berulang.

"Kami nanti bersama-sama nanti dengan Pak Wali Kota, antara pemerintah provinsi dengan pemerintah kota kita kerja sama karena juga menyangkut dua urusan, ada urusan pemerintah provinsi, ada urusan kota," kata Teguh Setyabudi saat meninjau korban musibah tanah longsor di Tarakan, Selasa (29/9).

Langkah-langkah sementara agar kejadian tidak terulang lagi, seperti yang diungkapkan Wali Kota Tarakan Khairul, yakni membuat saluran air.

Namun, hal itu bersifat sementara, sedangkan tindak lanjut yang bersifat permanen, seperti reboisasi atau relokasi.

Baca juga: Keluarga Korban Longsor Tarakan Kesulitan Memulangkan Tiga Jenazah

Teguh mengungkapkan pihaknya akan mengkaji terlebih dahulu dan tidak mau mengambil keputusan terburu-buru. Pemprov Kaltara dan Pemkot Tarakan akan bersama-sama dalam mencegah bencana alam itu pada masa mendatang.

Dia juga membeberkan pemerintah pusat akan datang ke daerah itu untuk memberikan kajian, sedangkan pihaknya akan mencermati hasil kajian tersebut.

Pada kunjungan itu, Teguh Setyabudi juga menyerahkan secara simbolis bantuan Pemprov Kaltara kepada warga terdampak musibah kebakaran dan tanah longsor.

Sekretaris Daerah Pemprov Kaltara Suriansyah mengatakan bantuan itu berupa paket sembako dan dana untuk masing-masing kepala keluarga Rp2 juta.(Ant/OL-5)

Baca Juga

MI/Marcel Kelen

Pakar Sebut Pengungkapan Kasus di Intan Jaya Pasti Terbuka

👤Cahya Mulyana 🕔Sabtu 24 Oktober 2020, 12:34 WIB
Andaikan ada oknum militer, otoritas tetap ada pada peradilan militer, bukan peradilan umum. Peradilan militer juga bersifat terbuka, jadi...
Ist

Dewan Pakar NasDemĀ Rampungkan 6 Sesi Bahas UU Cipta Kerja

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 24 Oktober 2020, 09:48 WIB
Indonesia harus memulai dari sekarang berbagai riset dan inovasi teknologi berkaitan dengan bidang-bidang strategis yang selama ini belum...
Dok Departemen Pertahanan AS

Safari Prabowo Subianto Dinilai Sebagai Cermin Politik Bebas Aktif

👤Cahya Mulyana 🕔Sabtu 24 Oktober 2020, 09:11 WIB
Selain sebagai cerminan politik bebas aktif, safari prabowo ke AS, Austria dan Prancis merupakan hal baik dari sisi diplomasi...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya